« Ande-Ande Lumut | Depan | Tanggal Hari Ini »

Kena Vertigo



// var w = window.parent.window;
if( w && w.App )
w.setTimeout( 'App.bootstrapIframe();', 1 );
// ]]>



Ada 20 komentar

Bagas pada August 21, 2008 5:36 PM menulis:

Kayaknya si Joy kena ini juga.

Takon dokter, penyebab e opo Jo, opo gara-gara kakean lihat monitor?

Balas Komentar Ini
Jauhari pada August 21, 2008 9:43 PM menulis:

Sepertinya JADWAL PERANG perlu di tata ulang kawan.. jangan GAS POOLL trus ROMPOL...

jare wong tuwo.. alon alon waton kelakon... :D

*salaman*

Balas Komentar Ini
Gopril pada August 30, 2008 12:43 PM menulis:

bener-bener iqro' kesehatan diri sendiri nih? eh tapi jangan2 bukan vertigo tapi hanya perlu ngasooo.... hehehe

Balas Komentar Ini
Ririn pada August 31, 2008 11:51 AM menulis:

Moga cepat sembuh ...
Bener kata mbah ... atur jadwal perang ... istirahat.. olahraga ... mungkin di waktu weekend bisa nyoba2 YOGA :)

Balas Komentar Ini
iRene pada September 4, 2008 1:12 PM menulis:

Wahh banyak2 istirahat mas, jgn lupa ke dokter td dpt info katanya Vertigo itu awal dr Stroke.. Jadi coba deh secepetnya ke dokter, cepet sembuh yah mas..

Balas Komentar Ini
endangkusnaran pada April 29, 2009 10:29 AM membalas iRene:

apa iya harus cepet,cepet ke dokter, bukannya kalau kita tidak banyak pikiran itu akan sendiri, itu kataku lho... he he

Balas Komentar Ini
endangkusnaran pada April 29, 2009 10:31 AM membalas iRene:

apa iya harus cepet,cepet ke dokter, bukannya kalau kita tidak banyak pikiran itu akan hilang sendirinya, itu kataku lho... he he

Balas Komentar Ini
kyai slamet pada September 7, 2008 12:42 PM menulis:

dr. Hartoyo :
''Wah, masnya kurang istirahat. Coba lebih rileks. Ikut terapi relaksasi mbah yai slamet. Shalawat sambil duduk leyeh2. Jangan lupa sambil ngopi dan ngerokok.''

Balas Komentar Ini
dr. Hartoyo- pertigaan daging pada September 7, 2008 12:44 PM menulis:

dr. Hartoyo :
''Wah, masnya kurang istirahat. Coba lebih rileks. Ikut terapi relaksasi mbah yai slamet. Shalawat sambil duduk leyeh2. Jangan lupa sambil ngopi dan ngerokok.''

Balas Komentar Ini
Novi pada September 11, 2008 9:03 AM menulis:

Yah mas punya penyakit permanen juga toh :)) ... apa mungkin ya orang yang suka di depan pc punya penyakit yang aneh2 ??? ya enggak aku, ya si rio eh sekarang om parjo ^^

Yo wes ... jangan capek2 mas, kan sekarang udah ada yang ngurus :D ... Sakit itu mahal :p ... Tetep semangat ya mas. heheheh

Balas Komentar Ini
ryan pada September 19, 2008 10:40 PM menulis:

emang susah kena vertiga serba salah enaknya mgkn hrs banyak shalawatan

Aryo:
yep, bagus gitu


Balas Komentar Ini
cinta pada December 19, 2008 6:02 PM menulis:

waktu aku mau keriting bulu mata, posisi harus tiduran. Tiba tiba seluruh ruangan berputar. Sepertinya aku kena vertigo. Lalu aku gak jadi keriting bulu mata di salon. aku pulang ke rumah aja.hahahahaha

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada December 22, 2008 3:52 PM membalas cinta:

hehehe, agak ngeri emang kalo pas pusing gitu :(

Balas Komentar Ini
conan_gemboel pada December 30, 2008 11:47 AM menulis:

Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seseorang yang menderita vertigo merasakan sekelilingnya seolah-olah berputar, ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga.

Perasaan tersebut kadang disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, bahkan penderita merasa tak mampu berdiri dan kadang terjatuh karena masalah keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Vertigo terjadi bukan karena faktor keturunan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan vertigo seperti karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada telinga dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Ada beberapa jenis obat dapat menyebabkan timbulnya vertigo. seperti kina, streptomisin, dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam.

Vertigo dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu :
1. Vertigo laryngea, yaitu pusing karena serangan batuk.
2. Vertigo nocturna, yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur.
3. Vertigo ocularis, yaitu pusing karena penyakit mata, khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata.
4. Vertigo rotatoria, yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.
Ketika Anda merasakan serangan vertigo, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan :
1. Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
2. Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet.
3. Ketika Anda berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
4. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan, atau kepala gerakkan kepala Anda dengan perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
Pengobatan terhadap penyakit ini harus dilihat dahulu jenis penyakitnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari.

Semua obat ini dapat menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Anda juga dapat mengonsumsi obat antimuntah. Namun, jika sakitnya terus berlangsung, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.


Vertigo Bukan Sakit Kepala Biasa

Penyakit yang lebih populer dengan sebutan "vestibulars disorders" ini adalah sebuah kondisi ketika penderita merasa dunianya berputar sehingga ia hilang keseimbangan bahkan saat mereka tidak sedang bergerak.

=============================
Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif).

Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali ditemukan. Namun, pasokan oksigen ke otak yang kurang dapat pula menjadi penyebab. Beberapa jenis obat, seperti kina, streptomisin, dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam. Keadaan ini juga dapat menimbulkan vertigo.

Gangguan ini diatasi dengan menangani penyebabnya. Biasanya pemberian vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika, dan pembatasan konsumsi garam dapat mengurangi keluhan.

Ada beberapa jenis vertigo berdasarkan penyebabnya. Vertigo epileptica yaitu pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan, vertigo laryngea yaitu pusing karena serangan batuk, vertigo nocturna yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata, vertigo rotatoria yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

• Mengatasi Vertigo : Siapkan kartu kredit, jalan ke mall ,plaza, beli cd/dvd baru launch, mejeng di Starbuck, pulang ke rumah baikan tu vertigo. Kalau kartu kredit diblokir bertambah tu vertigo.

• Vertigo adalah sensasi berputar yang dapat terjadi kapanpun, meski tubuh kita dalam keadaan berdiri tegak. Lingkungan sekitar tampak bergerak, baik vertikal maupun horisontal. Beberapa orang merasakan bahwa mereka benar-benar berputar. Efeknya bisa ringan atau bahkan berat hingga kita bisa jatuh ke lantai.

Vertigo berbeda dengan dizziness, suatu pengalaman yang mungkin pernah kita rasakan, yaitu kepala terasa ringan saat akan berdiri. Sedangkan vertigo bisa lebih berat dari itu, misalnya dapat membuat kita sulit untuk melangkah karena rasa berputar yang mempengaruhi keseimbangan tubuh.


Gejala vertigo
Vertigo dapat terjadi tiba-tiba dan berlangsung sebentar, tapi dapat pula terjadi selama beberapa hari. Mereka dengan vertigo yang berat bisa jadi tak dapat bangun dari tempat tidur dan hal ini akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, gejala vertigo dapat bervariasi tergantung berat ringannya. Gejala yang dapat dirasakan antara lain:
Tempat anda berpijak terasa berputar atau bergerak-gerak
Mual
Muntah
Sulit berdiri atau berjalan
Sensasi kepala terasa ringan
Tak dapat memfokuskan pandangan

Penyebab vertigo
Vertigo seringkali disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga. Kemungkinan penyebab vertigo yaitu:
Infeksi virus seperti common cold atau influenza yang menyerang area labirin
Infeksi bakteri yang mengenai telinga bagian tengah
Radang sendi di daerah leher
Serangan migren
Sirkulasi darah yang berkurang dapat menyebabkan aliran darah ke pusat keseimbangan otak menurun
Mabuk kendaran
Alkohol dan obat-obatan tertentu

Pencegahan vertigo
Langkah-langkah berikut ini dapat meringankan atau mencegah gejala vertigo:
Tidurlah dengan posisi kepala yang agak tinggi
Bangunlah secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum kita berdiri dari tempat tidur
Hindari posisi membungkuk bila mengangkat barang
Hindari posisi mendongakkan kepala, misalnya untuk mengambil suatu benda dari ketinggian
Gerakkan kepala secara hati-hati jika kepala kita dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.
Benign positional vertigo adalah bentuk vertigo yang menyerang dalam jangka waktu pendek namun berulang-ulang. Gejalanya hanya dalam hitungan detik tetapi bisa cukup berat, seringkali muncul setelah kita terserang infeksi virus atau adanya peradangan dan kerusakan di daerah telinga tengah. Gejalanya bisa muncul jika kita menggerakkan kepala tiba-tiba, misalnya saat menoleh dengan gerakan yang cepat.

Umumnya kasus vertigo merupakan kasus yang ringan dan tidak berbahaya. Namun, jika gejala itu muncul berulang atau menetap, perlu dilihat apakah ada faktor yang menyebabkannya. Jika gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas kita, segera periksakan diri ke dokter untuk menentukan apakah ada penyebab yang serius dan terapi yang tepat untuk menyembuhkan vertigo kita.



Vertigo


Dalam berbagai pembahasan, vertigo diterangkan dengan batasan yang berbeda-beda.


Namun, umumnya vertigo dijelaskan sebagai adanya ketidakseimbangan atau gangguan keseimbangan. Vertigo berasal dari bahasa Yunani yang berarti memutar. Rasa sakit pada vertigo juga berputar-putar atau yang sering disebut dengan pusing tujuh keliling.

Vertigo kadang disertai rasa terhuyung seakan mau jatuh dan dengan bunyi berdengung pada telinga. Namun, vertigo dapat muncul akibat gangguan mata atau leher. Ukuran lensa, misalnya, antara mata kiri dan kanan berbeda jauh, atau terjadi gangguan pada sumbu mata sehingga menyebabkan penglihatan menjadi rangkap dan kabur.

Pada dasarnya vertigo adalah gangguan keseimbangan pada susunan saraf yang penyebabnya secara pasti kurang dapat dipastikan. Berbagai penyakit di bagian tubuh lain maupun di sekitar otak juga menimbulkan vertigo. Rasa sakit vertigo kadang dibarengi dengan mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah, dan diare.

Vertigo merupakan gejala suatu penyakit. Sederet penyebab dapat disebutkan antara lain adanya benturan akibat kecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak, dll. Vertigo juga berdampak rasa terhuyung jika berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing.

Terhuyung atau sempoyongan biasanya dihubungkan dengan gangguan pada sistem keseimbangan. Gangguan keseimbangan ini beragam sehingga penderita sulit mengemukakan keluhannya secara rinci dan tepat.

Gangguan keseimbangan pada vertigo ada yang muncul saat berbaring pada posisi tertentu, saat tengadah, atau perpindahan gerak dari posisi satu ke posisi yang lain. Setelah mengalami selama beberapa hari, terhuyung dapat mereda. Namun, kadang penderita masih diganggu oleh rasa tidak stabil seperti berada di atas kapal yang diombang-ambingkan ombak.

Vertigo dapat muncul setiap kali berada di keramaian atau saat berada di tengah lapangan luas yang kurang penerangan. Vertigo juga banyak dialami oleh para penyelam yang belum berpengalaman. Mereka umumnya kehilangan orientasi sehingga merasa cemas bercampur bingung.

Seorang dokter ahli syarat menyatakan penyebab vertigo terbanyak adalah ganggunan pada leher. Gangguan leher ini ditimbulkan adanya pengapuran pada tulang leher yang menyebabkan vertigo. Tulang leher sebagai penyangga kepala ketika mengalami gangguan menyebabkan rasa terhuyung atau sempoyongan.

Gangguan leher terjadi umumnya akibat pola hidup atau pola kerja tidak seimbang. Stres atau tekanan akibat pola kerja tak seimbang ini memungkinkan tidak adanya kesempatan berolahraga maupun relaksasi. Pekerjaan mengetik dengan posisi layar monitor komputer terlalu tinggi pun bisa menyebabkan vertigo --sebagai akibat ketegangan pada leher. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

Vertigo karena gangguan leher, selain diatasi dengan obat, juga dengan fisioterapi berupa latihan relaksasi untuk daerah leher. Jika perlu dilakukan traksi atau otot-otot yang kaku ditarik agar ruas yang menyempit bisa dipulihkan.

Vertigo dapat dihubungkan dengan gejala stroke. Selain akibat cedera pada kepala bagian belakang, vertigo bisa terjadi karena suplai darah ke otak berkurang atau tidak lancar. Apabila aliran darah ke otak kecil kurang maka seseorang akan mengalami vertigo, Jika tidak segera ditindaklanjuti bisa menimbulkan stroke.

Vertigo bukan akibat benturan disusul dengan gangguan wicara, misalnya mulai sulit menyebutkan apa yang dimaksud, patut dicurigai sebagai awal dari serangan stroke. Pada kondisi ini, perlu segera dilakukan perawatan. Apalagi bila gejala itu disertai hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.

Untuk mengatasai vertigo ini pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) dapat dimanfaatkan untuk mengungkap apakah mengalami gangguan pada pembuluh darah otak. Memang, dengan obat pelancar aliran darah gangguan akan segera teratasi sambil terus dipantau apakah gangguan masih kambuh.

Vertigo paling berat jika disebabkan adanya tumor pada otak kecil atau dekat organ telinga. Vertigo yang dirasakan sesuai dengan pertumbuhan tumor. Semakin besar tumor semakin berat rasa sakitnya. Adakalanya diikuti dengan gejala telinga mendengung. Sebagai upaya penanggulangan satu-satunya cara operasi dan penyinaran untuk menyingkirkan tumor.

Namun, adakalanya vertigo hanya disebabkan oleh stres. Meski penderita mengalami gejala kepala berputar tujuh keliling dan bahkan sampai muntah-muntah, namun begitu stres dapat ditanggulangi vertigo pun menghilang. Vertigo pada umumnya bukan gangguan kesehatan serius. Akan tetapi semakin dini penanganannya vertigo akan semakin cepat dapat diatasi.

-----------

Vertigo adalah sensasi adanya gerak meski sebenarnya tidak ada. Keluhan ini biasanya dideskripsikan sebagai pusing yang berputar (pusing tujuh keliling). Sensasi ini dapat disebabkan oleh kelainan atau gangguan yang mengganggu fungsi keseimbangan. Gangguan ini dapat terjadi di telinga dalam atau otak.

Vertigo sebenarnya dapat disebabkan banyak hal. Selain gangguan fungsi keseimbangan, juga dapat disebabkan gangguan psikologis, pemakaian obat-obatan tertentu, alkohol dan lain-lain. Meski sebagian besar vertigo tidak diketahui sebabnya, tetapi pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengeliminasi penyebab serius yang mungkin dapat membahayakan jiwa.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan pendengaran, beberapa tes laboratorium, dan bila ada fasilitasnya, tes keseimbangan yang disebut electronystagmogram (ENG). Tergantung pada hasil tes awal ini, tes-tes yang lain mungkin diperlukan termasuk tes pendengaran yang lebih spesifik (audiogram) dan MRI.

Beberapa kelainan metabolik dapat menyebabkan vertigo, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit tiroid, anemia, dan gangguan kalsium. Penyebab autoimun juga dapat menyebabkan timbulnya keluhan ini, antara lain arthritis rheumatoid (rematik), lupus, sarcoid, dan berbagai penyakit lain yang jarang. Penyakit infeksi seperti sifilis juga dapat menyebabkan vertigo. Penyebab-penyebab di atas dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium.

Sementara itu, viral labyrinthitis (organ di telinga dalam) merupakan reaksi peradangan yang dapat terjadi setelah influenza. Vertigo yang timbul dapat hilang secara spontan, namun dapat juga baru hilang beberapa bulan kemudian.
Infeksi bakteri pada labyrinthitis merupakan infeksi yang mengancam jiwa, yang biasanya diikuti dengan vertigo yang hebat, muntah, dan suhu badan yang tinggi. Kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit.

Neuroma akustik merupakan tumor jinak pada saraf pendengaran atau saraf keseimbangan yang terletak di antara telinga dan otak. Ini biasanya dapat disembuhkan dengan operasi dan dapat membahayakan jiwa jika tidak diobati. Tes pendengaran dan keseimbangan dapat mengidentifikasi tumor ini, sementara MRI diperlukan untuk mengkonfirmasi letak tumor.

Vertigo ringan akibat perubahan posisi merupakan penyebab tersering vertigo. Hal ini disebabkan karena pergerakan kepala yang mendadak, seperti bangun tidur dan hanya timbul beberapa detik.

Sindrom Meniere merupakan kondisi dimana terdapatnya cairan di telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo yang hilang timbul, rasa penuh di telinga, dan berkurangnya pendengaran yang juga berfluktuasi serta telinga berdengung. Vertigo biasanya hilang dalam beberapa jam. Pada sebagian kasus hilangnya pendengaran dapat makin parah.
Alergi, khususnya terhadap makanan dapat menyebabkan terkumpulnya cairan dalam telinga dalam dan gejalanya mirip dengan Sindrom Meniere. Identifikasi dan pengobatan alergi biasanya mengurangi gejala.

Berbagai masalah neurologi, seperti multiple sklerosis, infeksi otak dan tumor otak dapat menyebabkan vertigo. Tes keseimbangan akan membedakan apakah penyebab berasal dari telinga dalam atau dari susunan saraf pusat.
Tanpa melihat penyebab vertigo, obat simptomatis dapat mengurangi gejala.

Sehubungan dengan masalah Bapak, untuk sementara Bapak dapat saja membeli obat-obatan tersebut untuk mengurangi gejala. Beberapa obat memang dijual bebas. Tetapi, Saya tetap menganjurkan Bapak untuk datang berkonsultasi dengan dokter THT atau Neurologi guna mengevaluasi lebih lanjut penyebab vertigo Bapak. Hal ini makin mendesak bila keluhan dirasakan tambah berat. Semoga vertigo yang dialami Bapak bukan merupakan vertigo yang didasari oleh penyakit yang serius. Jika pun didasari penyakit yang serius dengan penanganan yang dini, Insya Allah vertigo ini dapat diatasi.

Anemia yang Bapak derita, mungkin saja menjadi penyebab vertigo. Sementara jantung berdebar dapat saja disebabkan oleh anemia (karena jantung perlu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh tubuh, sementara kemampuan darah untuk mengangkut oksigen berkurang dengan adanya anemia) atau hal lain. (Baca Konsultasi Kesehatan: Jantung Berdebar).

Rasa ngilu pada gigi, biasanya karena saraf gigi terangsang. Hal ini dapat terjadi bila gigi berlubang, meski kecil atau terkena makanan yang merangsang, seperti air dingin (bagi orang yang tidak tahan), makanan yang asam, makanan yang terlalu manis dan lain-lain. Bila hal ini menjadi gangguan, Bapak sebaiknya memeriksakan diri ke dokter gigi.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyannya.

-----------------------

Untuk pertolongan pertama mengatasi vertigo, dapat dilakukan dengan berbaring sampai gejala-gejala vertigo hilang.

----------------------

Anti emetik atau obat mual adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual/muak dan muntah. Antiemetik secara khusus digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan efek samping dari analgesik golongan opiat, anestesi umum, dan kemoterapi yang digunakan untuk melawan kanker, juga untuk mengatasi vertigo (pusing) atau migren.

Golongan Antihistamines (anatgonis reseptor H1 histamine),efektif untuk beberapa kondisi, termasuk mabuk perjalanan dan rasa mual di pagi hari pada ibu hamil.

Diphenhydramine

Dimenhydrinate selain sabagai antiemetik juga mengatasi vertigo.

Pyrathiazine

Promethazine
Penderita penyakit jantung atau kegagalan fungsi hati perlu pengawasan yang ketat sewaktu minum obat ini atau tidak minum sama sekali. Anak-anak seharusnya tidak minum Prometahazine dengan dua alasan, pertama, dapat menyebabkan Sindrom Reye. Kedua dosis yang besar dari antihistamin dapat menyebabkan konvulsi, halusinasi dan kematian bagi anak.
Pasien yang mengkonsumsi obat ini dilarang mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat atau terlibat pada aktivitas yang berbahaya di bawah pengaruh obat ini. Obat ini tidak dibuat untuk keamanan ibu hamil atau ibu menyusui.
Betahistine khusus untuk vertigo
Betahistin dihidroklorida adalah obat yang sangat mirip senyawa histamin alami. Betahistine bekerja dengan cara langsung berikatan dengan reseptor histamin. Reseptor ini terletak di dinding aliran darah, termasuk di dalam telinga. Dengan mengaktifkan reseptor ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah, mengurangi tekanan di telinga. Betahistine fungsi utamanya sebagai obat penyakit Meniere.
Obat ini membantu menghilangkan tekanan di dalam telinga dan mengurangi frekwensi dan keparahan serangan mual dan pusing. Betahistine juga mengurangi bunyi mendenging di telinga (tinitus) dan membantu fungsi pendengaran menjadi normal.

Penghambat channel kalsium ; Flunarizine
Flunarizine adalah penghambat selektif masuknya kalsium dengan cara ikatan calmodulin dan aktivitas hambatan histamin H1. Obat ini efektif untuk mencegah migren, penyakit vaskular periferal terbuka, vertigo, dan sebagai terapi tambahan pada epilepsi.
Untuk pemilihan obat mual dan Vertigo yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat mual dan Vertigo secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat mual dan Vertigo sesuai kebutuhan anda.


Serangan ''Vertigo'' Itu seperti Apa?
Vertigo suatu istilah medis yang cukup akrab di telinga karena cukup banyak orang yang pernah mengalaminya. Namun, seperti apa sesungguhnya ''rasa'' serangan vertigo itu? Seseorang yang mengalami serangan vertigo akan merasakan suatu sensasi berputar, disertai rasa mual serta takut membuka mata karena melihat dunia berputar, juga disertai dengan jalan yang sempoyongan. Apa sebenarnya vertigo ini?
VERTIGO adalah perasaan berputar atau berpusing yang merupakan suatu gejala, bukan suatu penyakit dimana penderita merasakan benda-benda di sekitarnya bergerak-gerak memutar atau bergerak naik-turun karena gangguan pada sistem keseimbangan. Beberapa istilah yang sering dikemukakan penderita untuk menggambarkan perasaan berputar tersebut adalah pusing, dalam bahasa Bali populer dengan sebutan ngelempuyeng, uyun, pungkat, atau meseriyut.
Vertigo bisa disebabkan faktor fisiologis, misalnya berputar yang berlebihan, saat bermain "Halilintar" di taman hiburan. Pun sering dialami para astronot ketika berada di luar angkasa, ketika melakukan gerakan, sehingga kepalanya ada di dasar lantai pesawat -- padahal bila dilakukan di bumi dia tidak merasakan sensasi ini. Terjadinya vertigo ini bukan oleh suatu kelainan, tetapi justru oleh tidak adanya gaya gravitasi. Vertigo fisiologis ini lebih dikenal dengan istilah motion sickness.
Pada kasus vertigo patologis, ada yang bisa diketahui penyebabnya dan ada yang belum diketahui. Pada penelitian tahun 1990 s.d. 1995 di bagian THT FKUI RSUPNCM diketahui, dari 780 pasien vertigo yang tidak diketahui sebabnya adalah 122 (15,6%). Dari pasien yang diketahui sebabnya yaitu 658 pasien, terdapat 62 pasien (7,9%) disebabkan oleh kelainan sentral, sedangkan 596 pasien (76,3%) merupakan kelainan perifer.
Vertigo perifer terbagi atas dua macam yaitu vertigo spontan dan vertigo posisi, vertigo spontan disebabkan dari penyakitnya langsung yang merangsang syaraf sistem keseimbangan seperti infeksi, trauma. Syaraf sistem keseimbangan juga sensitif terhadap kekurangan oksigen yang dapat mencetuskan terjadinya vertigo.
Pada keadaan tekanan darah yang tinggi atau terlalu rendah dan telah terjadi pengapuran pada pembuluh darah, maka akan terjadi suplai darah yang berbeda antara pembuluh darah kiri dan kanan yang menuju ke sistem keseimbangan, hal inipun akan merangsang terjadinya vertigo. Di samping gangguan oksigenasi, vertigo juga disebabkan perubahan kadar gula dalam darah yang mendadak.
Vertigo posisi terjadi karena perubahan posisi kepala. Vertigo inipun terbagi atas dua macam. Pertama, vertigo yang disebabkan kotoran (debris) yang melekat pada salah satu sistem keseimbangan dalam liang (kupula). Bila terjadi perubahan posisi kepala, maka kotoran akan membengkokkan kupula tersebut sehingga tercetuslah vertigo.
Kedua, vertigo oleh karena perangsangan dari sistem tulang belakang bagian leher (vertebra cervical), dimana suplai darah menuju sistem keseimbangan dalam liang telinga 80% berasal dari arteri tulang belakang kiri dan kanan. Jika ada penekanan terhadap arteri vertebralis tersebut, maka suplai darah menuju ke sistem keseimbangan menjadi berkurang. Penekanan arteri ini terjadi bila kita memutar leher. Terjadinya vertigo ini, selain penekanan pada leher, juga karena terjadinya pengapuran pembuluh darah arteri yang menuju sistem keseimbangan dengan derajat yang berbeda antara kiri dan kanan.
Pengobatan
Pengobatan vertigo hendaknya disesuaikan dengan penyebabnya. Pengobatan bisa terdiri dari medikamentosa dan/atau tindakan. Medikamentosa berupa obat-obat anti-vertigo, obat-obat antimuntah.
Untuk vertigo debris, dilakukan tindakan khusus dengan menggunakan vibrator yang memberikan getaran tertentu di daerah kepala sehingga kotoran yang melekat pada sistem keseimbangan menjadi lepas atau hancur. Tindakan yang lain adalah fisioterapi pada daerah leher atau operasi pada tulang leher yang mengalami penekanan.
dr. ib kt. suriadi
OBAT MUAL & VERTIGO
Anti emetik atau obat mual adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual/muak dan muntah. Antiemetik secara khusus digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan efek samping dari analgesik golongan opiat, anestesi umum, dan kemoterapi yang digunakan untuk melawan kanker, juga untuk mengatasi vertigo (pusing) atau migren.

Anti emetik terbagi dalam beberapa golongan sebagai berikut:
1. Golongan antagonis reseptor 5HT3 - obat emetik ini menghambat reseptor serotonin pada sistem saraf serebral dan saluran pencernaan. Sehingga, obat emetik golongan ini dapat digunakan untuk mengobati mual dan muntah setelah operasi dan penggunaan obat cytotoxic.
Adapun golongan obat emetik ini adalah :
a. Granisetron
Granisetron tersedia dalam bentuk tablet dan cairan/sirup untuk diminum secara oral. Untuk pencegahan mual dan muntah pada kemoterapi, Granisetron biasanya diminum satu jam sebelum kemoterapi dijalankan. Dosis kedua diberikan setelah 12 jam dari dosis pertama. Minum Granisetron sesuai dosis yang diresepkan, jangan minum lebih sering atau kurang dari yang diresepkan dokter.
b. Ondansetron
Ondansetron diperuntukkan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi kanker atau setelah operasi. Ondansetron bekerja dengan memblokade hormon Serotonin yang menyebabkan muntah.
Selain itu Ondansentron digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol.
Obat ini digunakan sebelum atau sesudah makan. Ondansetron juga dapat diminum bersama antasida. Dosis pertama diberikan 30 menit sebelum kemoterapi. Dosis selanjutnya sesuai resep dokter, biasanya 1 sampai 2 hari setelah kemoterapi selesai. Untuk kondisi kesehatan lainnya pemberian berbeda-beda. Ikuti cara pakai yang diberikan dokter anda.
Ceritakan ke dokter anda jika pernah atau mengidap penyakit perut atau usus, penyakit hati, dan alergi. Kurangi minum alkohol, karena dapat meningkatkan efek sampingnya. Berhati-hati bila mejalankan aktivitas yang memerlukan konsentrasi seperti menyupir sampai anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi anda.
Ceritakan ke dokter anda jika anda hamil sebelum menggunakn Ondasentron. Belum diketahui apakah Ondasentron juga disekresikan lewat air susu. Konsultasikan ke dokter jika anda menyusui.
c. Tropisetron
Tropisetron digunakan untuk mual karena kemoterapi dan muntah pada anak.
Mencegah mual dan muntah setelah operasi.
2. Golongan antagonis Dopamin bekerja di otak dan digunakan untuk mengobati rasa mual dan muntah karena penyakit kanker, sakit karena radiasi, obat golongan opiat, obat cytotoxic dan anestesi umum.
Metoclopramide juga bekerja pada saluran pencernaan sebagai prokinetik, dan ini berguna pada penyakit saluran cerna, tetapi kurang berguna pada rasa ingin muntah karena obat cytoxic dan setelah operasi.
Yang harus diperhatikan sebelum minum metoclopramid sebagai berikut :
o katakan ke dokter anda tentang obat resep atau obat non resep yang anda konsumsi khususnya yang mengandung amobarbital, insulin, narkotika, phenobarbital, sedatives, tranquilizer, dan vitamin.
o Katakan ke dokter anda bila anda pernah mengidap atau masih mengidap tumor adrenal, penyakit kejiwaan, parkinson, tekanan darah tinggi, penyakit hati, liver atau ginjal.
o Katakan ke dokter anda bila anda hamil atau berniat untuk hamil atau menyusui. Jika anda hamil sewaktu masa minum obat metoclopramide hubungi dokter anda.
o Jika anda dalam masa operasi termasuk operasi di dokter gigi, katakan ke dokter atau dokter gigi anda bahwa anda minum Metoclopramid.
o Obat ini menyebabkan kantuk. Jangan mengendarai kendaraan atau mesin sampai anda dapat mengatasi efek obat ini.
o Ingat alkohol dapat menambah rasa kantuk yang disebabkan obat ini.
3. Golongan Antihistamines (anatgonis reseptor H1 histamine),efektif untuk beberapa kondisi, termasuk mabuk perjalanan dan rasa mual di pagi hari pada ibu hamil.
. Diphenhydramine
a. Dimenhydrinate selain sabagai antiemetik juga mengatasi vertigo.
b. Pyrathiazine
c. Promethazine
Penderita penyakit jantung atau kegagalan fungsi hati perlu pengawasan yang ketat sewaktu minum obat ini atau tidak minum sama sekali. Anak-anak seharusnya tidak minum Prometahazine dengan dua alasan, pertama, dapat menyebabkan Sindrom Reye. Kedua dosis yang besar dari antihistamin dapat menyebabkan konvulsi, halusinasi dan kematian bagi anak.
Pasien yang mengkonsumsi obat ini dilarang mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat atau terlibat pada aktivitas yang berbahaya di bawah pengaruh obat ini. Obat ini tidak dibuat untuk keamanan ibu hamil atau ibu menyusui.
d. Betahistine khusus untuk vertigo
Betahistin dihidroklorida adalah obat yang sangat mirip senyawa histamin alami. Betahistine bekerja dengan cara langsung berikatan dengan reseptor histamin. Reseptor ini terletak di dinding aliran darah, termasuk di dalam telinga. Dengan mengaktifkan reseptor ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah, mengurangi tekanan di telinga. Betahistine fungsi utamanya sebagai obat penyakit Meniere.
Obat ini membantu menghilangkan tekanan di dalam telinga dan mengurangi frekwensi dan keparahan serangan mual dan pusing. Betahistine juga mengurangi bunyi mendenging di telinga (tinitus) dan membantu fungsi pendengaran menjadi normal.
4. Penghambat channel kalsium ; Flunarizine
Flunarizine adalah penghambat selektif masuknya kalsium dengan cara ikatan calmodulin dan aktivitas hambatan histamin H1. Obat ini efektif untuk mencegah migren, penyakit vaskular periferal terbuka, vertigo, dan sebagai terapi tambahan pada epilepsi.
Untuk pemilihan obat mual dan Vertigo yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.
Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat mual dan Vertigo secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat mual dan Vertigo sesuai kebutuhan anda

Balas Komentar Ini
conan_gemboel pada December 30, 2008 11:48 AM menulis:

Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seseorang yang menderita vertigo merasakan sekelilingnya seolah-olah berputar, ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga.

Perasaan tersebut kadang disertai dengan rasa mual dan ingin muntah, bahkan penderita merasa tak mampu berdiri dan kadang terjatuh karena masalah keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Vertigo terjadi bukan karena faktor keturunan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan vertigo seperti karena serangan migren, radang pada leher, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada telinga dan kekurangan asupan oksigen ke otak.

Ada beberapa jenis obat dapat menyebabkan timbulnya vertigo. seperti kina, streptomisin, dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam.

Vertigo dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu :
1. Vertigo laryngea, yaitu pusing karena serangan batuk.
2. Vertigo nocturna, yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur.
3. Vertigo ocularis, yaitu pusing karena penyakit mata, khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata.
4. Vertigo rotatoria, yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.
Ketika Anda merasakan serangan vertigo, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan :
1. Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
2. Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet.
3. Ketika Anda berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
4. Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan, atau kepala gerakkan kepala Anda dengan perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
Pengobatan terhadap penyakit ini harus dilihat dahulu jenis penyakitnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari.

Semua obat ini dapat menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Anda juga dapat mengonsumsi obat antimuntah. Namun, jika sakitnya terus berlangsung, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.


Vertigo Bukan Sakit Kepala Biasa

Penyakit yang lebih populer dengan sebutan "vestibulars disorders" ini adalah sebuah kondisi ketika penderita merasa dunianya berputar sehingga ia hilang keseimbangan bahkan saat mereka tidak sedang bergerak.

=============================
Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif).

Perasaan pusing ini selain disertai rasa berputar kadang-kadang disertai mual dan muntah. Bila gangguan ini berat, penderita bahkan tak mampu berdiri atau bahkan terjatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali ditemukan. Namun, pasokan oksigen ke otak yang kurang dapat pula menjadi penyebab. Beberapa jenis obat, seperti kina, streptomisin, dan salisilat, diketahui dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam. Keadaan ini juga dapat menimbulkan vertigo.

Gangguan ini diatasi dengan menangani penyebabnya. Biasanya pemberian vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika, dan pembatasan konsumsi garam dapat mengurangi keluhan.

Ada beberapa jenis vertigo berdasarkan penyebabnya. Vertigo epileptica yaitu pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan, vertigo laryngea yaitu pusing karena serangan batuk, vertigo nocturna yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata, vertigo rotatoria yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

• Mengatasi Vertigo : Siapkan kartu kredit, jalan ke mall ,plaza, beli cd/dvd baru launch, mejeng di Starbuck, pulang ke rumah baikan tu vertigo. Kalau kartu kredit diblokir bertambah tu vertigo.

• Vertigo adalah sensasi berputar yang dapat terjadi kapanpun, meski tubuh kita dalam keadaan berdiri tegak. Lingkungan sekitar tampak bergerak, baik vertikal maupun horisontal. Beberapa orang merasakan bahwa mereka benar-benar berputar. Efeknya bisa ringan atau bahkan berat hingga kita bisa jatuh ke lantai.

Vertigo berbeda dengan dizziness, suatu pengalaman yang mungkin pernah kita rasakan, yaitu kepala terasa ringan saat akan berdiri. Sedangkan vertigo bisa lebih berat dari itu, misalnya dapat membuat kita sulit untuk melangkah karena rasa berputar yang mempengaruhi keseimbangan tubuh.


Gejala vertigo
Vertigo dapat terjadi tiba-tiba dan berlangsung sebentar, tapi dapat pula terjadi selama beberapa hari. Mereka dengan vertigo yang berat bisa jadi tak dapat bangun dari tempat tidur dan hal ini akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, gejala vertigo dapat bervariasi tergantung berat ringannya. Gejala yang dapat dirasakan antara lain:
Tempat anda berpijak terasa berputar atau bergerak-gerak
Mual
Muntah
Sulit berdiri atau berjalan
Sensasi kepala terasa ringan
Tak dapat memfokuskan pandangan

Penyebab vertigo
Vertigo seringkali disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput di daerah telinga. Kemungkinan penyebab vertigo yaitu:
Infeksi virus seperti common cold atau influenza yang menyerang area labirin
Infeksi bakteri yang mengenai telinga bagian tengah
Radang sendi di daerah leher
Serangan migren
Sirkulasi darah yang berkurang dapat menyebabkan aliran darah ke pusat keseimbangan otak menurun
Mabuk kendaran
Alkohol dan obat-obatan tertentu

Pencegahan vertigo
Langkah-langkah berikut ini dapat meringankan atau mencegah gejala vertigo:
Tidurlah dengan posisi kepala yang agak tinggi
Bangunlah secara perlahan dan duduk terlebih dahulu sebelum kita berdiri dari tempat tidur
Hindari posisi membungkuk bila mengangkat barang
Hindari posisi mendongakkan kepala, misalnya untuk mengambil suatu benda dari ketinggian
Gerakkan kepala secara hati-hati jika kepala kita dalam posisi datar (horisontal) atau bila leher dalam posisi mendongak.
Benign positional vertigo adalah bentuk vertigo yang menyerang dalam jangka waktu pendek namun berulang-ulang. Gejalanya hanya dalam hitungan detik tetapi bisa cukup berat, seringkali muncul setelah kita terserang infeksi virus atau adanya peradangan dan kerusakan di daerah telinga tengah. Gejalanya bisa muncul jika kita menggerakkan kepala tiba-tiba, misalnya saat menoleh dengan gerakan yang cepat.

Umumnya kasus vertigo merupakan kasus yang ringan dan tidak berbahaya. Namun, jika gejala itu muncul berulang atau menetap, perlu dilihat apakah ada faktor yang menyebabkannya. Jika gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas kita, segera periksakan diri ke dokter untuk menentukan apakah ada penyebab yang serius dan terapi yang tepat untuk menyembuhkan vertigo kita.



Vertigo


Dalam berbagai pembahasan, vertigo diterangkan dengan batasan yang berbeda-beda.


Namun, umumnya vertigo dijelaskan sebagai adanya ketidakseimbangan atau gangguan keseimbangan. Vertigo berasal dari bahasa Yunani yang berarti memutar. Rasa sakit pada vertigo juga berputar-putar atau yang sering disebut dengan pusing tujuh keliling.

Vertigo kadang disertai rasa terhuyung seakan mau jatuh dan dengan bunyi berdengung pada telinga. Namun, vertigo dapat muncul akibat gangguan mata atau leher. Ukuran lensa, misalnya, antara mata kiri dan kanan berbeda jauh, atau terjadi gangguan pada sumbu mata sehingga menyebabkan penglihatan menjadi rangkap dan kabur.

Pada dasarnya vertigo adalah gangguan keseimbangan pada susunan saraf yang penyebabnya secara pasti kurang dapat dipastikan. Berbagai penyakit di bagian tubuh lain maupun di sekitar otak juga menimbulkan vertigo. Rasa sakit vertigo kadang dibarengi dengan mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah, dan diare.

Vertigo merupakan gejala suatu penyakit. Sederet penyebab dapat disebutkan antara lain adanya benturan akibat kecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak, dll. Vertigo juga berdampak rasa terhuyung jika berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing.

Terhuyung atau sempoyongan biasanya dihubungkan dengan gangguan pada sistem keseimbangan. Gangguan keseimbangan ini beragam sehingga penderita sulit mengemukakan keluhannya secara rinci dan tepat.

Gangguan keseimbangan pada vertigo ada yang muncul saat berbaring pada posisi tertentu, saat tengadah, atau perpindahan gerak dari posisi satu ke posisi yang lain. Setelah mengalami selama beberapa hari, terhuyung dapat mereda. Namun, kadang penderita masih diganggu oleh rasa tidak stabil seperti berada di atas kapal yang diombang-ambingkan ombak.

Vertigo dapat muncul setiap kali berada di keramaian atau saat berada di tengah lapangan luas yang kurang penerangan. Vertigo juga banyak dialami oleh para penyelam yang belum berpengalaman. Mereka umumnya kehilangan orientasi sehingga merasa cemas bercampur bingung.

Seorang dokter ahli syarat menyatakan penyebab vertigo terbanyak adalah ganggunan pada leher. Gangguan leher ini ditimbulkan adanya pengapuran pada tulang leher yang menyebabkan vertigo. Tulang leher sebagai penyangga kepala ketika mengalami gangguan menyebabkan rasa terhuyung atau sempoyongan.

Gangguan leher terjadi umumnya akibat pola hidup atau pola kerja tidak seimbang. Stres atau tekanan akibat pola kerja tak seimbang ini memungkinkan tidak adanya kesempatan berolahraga maupun relaksasi. Pekerjaan mengetik dengan posisi layar monitor komputer terlalu tinggi pun bisa menyebabkan vertigo --sebagai akibat ketegangan pada leher. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

Vertigo karena gangguan leher, selain diatasi dengan obat, juga dengan fisioterapi berupa latihan relaksasi untuk daerah leher. Jika perlu dilakukan traksi atau otot-otot yang kaku ditarik agar ruas yang menyempit bisa dipulihkan.

Vertigo dapat dihubungkan dengan gejala stroke. Selain akibat cedera pada kepala bagian belakang, vertigo bisa terjadi karena suplai darah ke otak berkurang atau tidak lancar. Apabila aliran darah ke otak kecil kurang maka seseorang akan mengalami vertigo, Jika tidak segera ditindaklanjuti bisa menimbulkan stroke.

Vertigo bukan akibat benturan disusul dengan gangguan wicara, misalnya mulai sulit menyebutkan apa yang dimaksud, patut dicurigai sebagai awal dari serangan stroke. Pada kondisi ini, perlu segera dilakukan perawatan. Apalagi bila gejala itu disertai hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.

Untuk mengatasai vertigo ini pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) dapat dimanfaatkan untuk mengungkap apakah mengalami gangguan pada pembuluh darah otak. Memang, dengan obat pelancar aliran darah gangguan akan segera teratasi sambil terus dipantau apakah gangguan masih kambuh.

Vertigo paling berat jika disebabkan adanya tumor pada otak kecil atau dekat organ telinga. Vertigo yang dirasakan sesuai dengan pertumbuhan tumor. Semakin besar tumor semakin berat rasa sakitnya. Adakalanya diikuti dengan gejala telinga mendengung. Sebagai upaya penanggulangan satu-satunya cara operasi dan penyinaran untuk menyingkirkan tumor.

Namun, adakalanya vertigo hanya disebabkan oleh stres. Meski penderita mengalami gejala kepala berputar tujuh keliling dan bahkan sampai muntah-muntah, namun begitu stres dapat ditanggulangi vertigo pun menghilang. Vertigo pada umumnya bukan gangguan kesehatan serius. Akan tetapi semakin dini penanganannya vertigo akan semakin cepat dapat diatasi.

-----------

Vertigo adalah sensasi adanya gerak meski sebenarnya tidak ada. Keluhan ini biasanya dideskripsikan sebagai pusing yang berputar (pusing tujuh keliling). Sensasi ini dapat disebabkan oleh kelainan atau gangguan yang mengganggu fungsi keseimbangan. Gangguan ini dapat terjadi di telinga dalam atau otak.

Vertigo sebenarnya dapat disebabkan banyak hal. Selain gangguan fungsi keseimbangan, juga dapat disebabkan gangguan psikologis, pemakaian obat-obatan tertentu, alkohol dan lain-lain. Meski sebagian besar vertigo tidak diketahui sebabnya, tetapi pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengeliminasi penyebab serius yang mungkin dapat membahayakan jiwa.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan pendengaran, beberapa tes laboratorium, dan bila ada fasilitasnya, tes keseimbangan yang disebut electronystagmogram (ENG). Tergantung pada hasil tes awal ini, tes-tes yang lain mungkin diperlukan termasuk tes pendengaran yang lebih spesifik (audiogram) dan MRI.

Beberapa kelainan metabolik dapat menyebabkan vertigo, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit tiroid, anemia, dan gangguan kalsium. Penyebab autoimun juga dapat menyebabkan timbulnya keluhan ini, antara lain arthritis rheumatoid (rematik), lupus, sarcoid, dan berbagai penyakit lain yang jarang. Penyakit infeksi seperti sifilis juga dapat menyebabkan vertigo. Penyebab-penyebab di atas dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium.

Sementara itu, viral labyrinthitis (organ di telinga dalam) merupakan reaksi peradangan yang dapat terjadi setelah influenza. Vertigo yang timbul dapat hilang secara spontan, namun dapat juga baru hilang beberapa bulan kemudian.
Infeksi bakteri pada labyrinthitis merupakan infeksi yang mengancam jiwa, yang biasanya diikuti dengan vertigo yang hebat, muntah, dan suhu badan yang tinggi. Kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit.

Neuroma akustik merupakan tumor jinak pada saraf pendengaran atau saraf keseimbangan yang terletak di antara telinga dan otak. Ini biasanya dapat disembuhkan dengan operasi dan dapat membahayakan jiwa jika tidak diobati. Tes pendengaran dan keseimbangan dapat mengidentifikasi tumor ini, sementara MRI diperlukan untuk mengkonfirmasi letak tumor.

Vertigo ringan akibat perubahan posisi merupakan penyebab tersering vertigo. Hal ini disebabkan karena pergerakan kepala yang mendadak, seperti bangun tidur dan hanya timbul beberapa detik.

Sindrom Meniere merupakan kondisi dimana terdapatnya cairan di telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo yang hilang timbul, rasa penuh di telinga, dan berkurangnya pendengaran yang juga berfluktuasi serta telinga berdengung. Vertigo biasanya hilang dalam beberapa jam. Pada sebagian kasus hilangnya pendengaran dapat makin parah.
Alergi, khususnya terhadap makanan dapat menyebabkan terkumpulnya cairan dalam telinga dalam dan gejalanya mirip dengan Sindrom Meniere. Identifikasi dan pengobatan alergi biasanya mengurangi gejala.

Berbagai masalah neurologi, seperti multiple sklerosis, infeksi otak dan tumor otak dapat menyebabkan vertigo. Tes keseimbangan akan membedakan apakah penyebab berasal dari telinga dalam atau dari susunan saraf pusat.
Tanpa melihat penyebab vertigo, obat simptomatis dapat mengurangi gejala.

Sehubungan dengan masalah Bapak, untuk sementara Bapak dapat saja membeli obat-obatan tersebut untuk mengurangi gejala. Beberapa obat memang dijual bebas. Tetapi, Saya tetap menganjurkan Bapak untuk datang berkonsultasi dengan dokter THT atau Neurologi guna mengevaluasi lebih lanjut penyebab vertigo Bapak. Hal ini makin mendesak bila keluhan dirasakan tambah berat. Semoga vertigo yang dialami Bapak bukan merupakan vertigo yang didasari oleh penyakit yang serius. Jika pun didasari penyakit yang serius dengan penanganan yang dini, Insya Allah vertigo ini dapat diatasi.

Anemia yang Bapak derita, mungkin saja menjadi penyebab vertigo. Sementara jantung berdebar dapat saja disebabkan oleh anemia (karena jantung perlu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh tubuh, sementara kemampuan darah untuk mengangkut oksigen berkurang dengan adanya anemia) atau hal lain. (Baca Konsultasi Kesehatan: Jantung Berdebar).

Rasa ngilu pada gigi, biasanya karena saraf gigi terangsang. Hal ini dapat terjadi bila gigi berlubang, meski kecil atau terkena makanan yang merangsang, seperti air dingin (bagi orang yang tidak tahan), makanan yang asam, makanan yang terlalu manis dan lain-lain. Bila hal ini menjadi gangguan, Bapak sebaiknya memeriksakan diri ke dokter gigi.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyannya.

-----------------------

Untuk pertolongan pertama mengatasi vertigo, dapat dilakukan dengan berbaring sampai gejala-gejala vertigo hilang.

----------------------

Anti emetik atau obat mual adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual/muak dan muntah. Antiemetik secara khusus digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan efek samping dari analgesik golongan opiat, anestesi umum, dan kemoterapi yang digunakan untuk melawan kanker, juga untuk mengatasi vertigo (pusing) atau migren.

Golongan Antihistamines (anatgonis reseptor H1 histamine),efektif untuk beberapa kondisi, termasuk mabuk perjalanan dan rasa mual di pagi hari pada ibu hamil.

Diphenhydramine

Dimenhydrinate selain sabagai antiemetik juga mengatasi vertigo.

Pyrathiazine

Promethazine
Penderita penyakit jantung atau kegagalan fungsi hati perlu pengawasan yang ketat sewaktu minum obat ini atau tidak minum sama sekali. Anak-anak seharusnya tidak minum Prometahazine dengan dua alasan, pertama, dapat menyebabkan Sindrom Reye. Kedua dosis yang besar dari antihistamin dapat menyebabkan konvulsi, halusinasi dan kematian bagi anak.
Pasien yang mengkonsumsi obat ini dilarang mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat atau terlibat pada aktivitas yang berbahaya di bawah pengaruh obat ini. Obat ini tidak dibuat untuk keamanan ibu hamil atau ibu menyusui.
Betahistine khusus untuk vertigo
Betahistin dihidroklorida adalah obat yang sangat mirip senyawa histamin alami. Betahistine bekerja dengan cara langsung berikatan dengan reseptor histamin. Reseptor ini terletak di dinding aliran darah, termasuk di dalam telinga. Dengan mengaktifkan reseptor ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah, mengurangi tekanan di telinga. Betahistine fungsi utamanya sebagai obat penyakit Meniere.
Obat ini membantu menghilangkan tekanan di dalam telinga dan mengurangi frekwensi dan keparahan serangan mual dan pusing. Betahistine juga mengurangi bunyi mendenging di telinga (tinitus) dan membantu fungsi pendengaran menjadi normal.

Penghambat channel kalsium ; Flunarizine
Flunarizine adalah penghambat selektif masuknya kalsium dengan cara ikatan calmodulin dan aktivitas hambatan histamin H1. Obat ini efektif untuk mencegah migren, penyakit vaskular periferal terbuka, vertigo, dan sebagai terapi tambahan pada epilepsi.
Untuk pemilihan obat mual dan Vertigo yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat mual dan Vertigo secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat mual dan Vertigo sesuai kebutuhan anda.


Serangan ''Vertigo'' Itu seperti Apa?
Vertigo suatu istilah medis yang cukup akrab di telinga karena cukup banyak orang yang pernah mengalaminya. Namun, seperti apa sesungguhnya ''rasa'' serangan vertigo itu? Seseorang yang mengalami serangan vertigo akan merasakan suatu sensasi berputar, disertai rasa mual serta takut membuka mata karena melihat dunia berputar, juga disertai dengan jalan yang sempoyongan. Apa sebenarnya vertigo ini?
VERTIGO adalah perasaan berputar atau berpusing yang merupakan suatu gejala, bukan suatu penyakit dimana penderita merasakan benda-benda di sekitarnya bergerak-gerak memutar atau bergerak naik-turun karena gangguan pada sistem keseimbangan. Beberapa istilah yang sering dikemukakan penderita untuk menggambarkan perasaan berputar tersebut adalah pusing, dalam bahasa Bali populer dengan sebutan ngelempuyeng, uyun, pungkat, atau meseriyut.
Vertigo bisa disebabkan faktor fisiologis, misalnya berputar yang berlebihan, saat bermain "Halilintar" di taman hiburan. Pun sering dialami para astronot ketika berada di luar angkasa, ketika melakukan gerakan, sehingga kepalanya ada di dasar lantai pesawat -- padahal bila dilakukan di bumi dia tidak merasakan sensasi ini. Terjadinya vertigo ini bukan oleh suatu kelainan, tetapi justru oleh tidak adanya gaya gravitasi. Vertigo fisiologis ini lebih dikenal dengan istilah motion sickness.
Pada kasus vertigo patologis, ada yang bisa diketahui penyebabnya dan ada yang belum diketahui. Pada penelitian tahun 1990 s.d. 1995 di bagian THT FKUI RSUPNCM diketahui, dari 780 pasien vertigo yang tidak diketahui sebabnya adalah 122 (15,6%). Dari pasien yang diketahui sebabnya yaitu 658 pasien, terdapat 62 pasien (7,9%) disebabkan oleh kelainan sentral, sedangkan 596 pasien (76,3%) merupakan kelainan perifer.
Vertigo perifer terbagi atas dua macam yaitu vertigo spontan dan vertigo posisi, vertigo spontan disebabkan dari penyakitnya langsung yang merangsang syaraf sistem keseimbangan seperti infeksi, trauma. Syaraf sistem keseimbangan juga sensitif terhadap kekurangan oksigen yang dapat mencetuskan terjadinya vertigo.
Pada keadaan tekanan darah yang tinggi atau terlalu rendah dan telah terjadi pengapuran pada pembuluh darah, maka akan terjadi suplai darah yang berbeda antara pembuluh darah kiri dan kanan yang menuju ke sistem keseimbangan, hal inipun akan merangsang terjadinya vertigo. Di samping gangguan oksigenasi, vertigo juga disebabkan perubahan kadar gula dalam darah yang mendadak.
Vertigo posisi terjadi karena perubahan posisi kepala. Vertigo inipun terbagi atas dua macam. Pertama, vertigo yang disebabkan kotoran (debris) yang melekat pada salah satu sistem keseimbangan dalam liang (kupula). Bila terjadi perubahan posisi kepala, maka kotoran akan membengkokkan kupula tersebut sehingga tercetuslah vertigo.
Kedua, vertigo oleh karena perangsangan dari sistem tulang belakang bagian leher (vertebra cervical), dimana suplai darah menuju sistem keseimbangan dalam liang telinga 80% berasal dari arteri tulang belakang kiri dan kanan. Jika ada penekanan terhadap arteri vertebralis tersebut, maka suplai darah menuju ke sistem keseimbangan menjadi berkurang. Penekanan arteri ini terjadi bila kita memutar leher. Terjadinya vertigo ini, selain penekanan pada leher, juga karena terjadinya pengapuran pembuluh darah arteri yang menuju sistem keseimbangan dengan derajat yang berbeda antara kiri dan kanan.
Pengobatan
Pengobatan vertigo hendaknya disesuaikan dengan penyebabnya. Pengobatan bisa terdiri dari medikamentosa dan/atau tindakan. Medikamentosa berupa obat-obat anti-vertigo, obat-obat antimuntah.
Untuk vertigo debris, dilakukan tindakan khusus dengan menggunakan vibrator yang memberikan getaran tertentu di daerah kepala sehingga kotoran yang melekat pada sistem keseimbangan menjadi lepas atau hancur. Tindakan yang lain adalah fisioterapi pada daerah leher atau operasi pada tulang leher yang mengalami penekanan.
dr. ib kt. suriadi
OBAT MUAL & VERTIGO
Anti emetik atau obat mual adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa mual/muak dan muntah. Antiemetik secara khusus digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan efek samping dari analgesik golongan opiat, anestesi umum, dan kemoterapi yang digunakan untuk melawan kanker, juga untuk mengatasi vertigo (pusing) atau migren.

Anti emetik terbagi dalam beberapa golongan sebagai berikut:
1. Golongan antagonis reseptor 5HT3 - obat emetik ini menghambat reseptor serotonin pada sistem saraf serebral dan saluran pencernaan. Sehingga, obat emetik golongan ini dapat digunakan untuk mengobati mual dan muntah setelah operasi dan penggunaan obat cytotoxic.
Adapun golongan obat emetik ini adalah :
a. Granisetron
Granisetron tersedia dalam bentuk tablet dan cairan/sirup untuk diminum secara oral. Untuk pencegahan mual dan muntah pada kemoterapi, Granisetron biasanya diminum satu jam sebelum kemoterapi dijalankan. Dosis kedua diberikan setelah 12 jam dari dosis pertama. Minum Granisetron sesuai dosis yang diresepkan, jangan minum lebih sering atau kurang dari yang diresepkan dokter.
b. Ondansetron
Ondansetron diperuntukkan untuk mencegah mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi kanker atau setelah operasi. Ondansetron bekerja dengan memblokade hormon Serotonin yang menyebabkan muntah.
Selain itu Ondansentron digunakan untuk mengobati kecanduan alkohol.
Obat ini digunakan sebelum atau sesudah makan. Ondansetron juga dapat diminum bersama antasida. Dosis pertama diberikan 30 menit sebelum kemoterapi. Dosis selanjutnya sesuai resep dokter, biasanya 1 sampai 2 hari setelah kemoterapi selesai. Untuk kondisi kesehatan lainnya pemberian berbeda-beda. Ikuti cara pakai yang diberikan dokter anda.
Ceritakan ke dokter anda jika pernah atau mengidap penyakit perut atau usus, penyakit hati, dan alergi. Kurangi minum alkohol, karena dapat meningkatkan efek sampingnya. Berhati-hati bila mejalankan aktivitas yang memerlukan konsentrasi seperti menyupir sampai anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi anda.
Ceritakan ke dokter anda jika anda hamil sebelum menggunakn Ondasentron. Belum diketahui apakah Ondasentron juga disekresikan lewat air susu. Konsultasikan ke dokter jika anda menyusui.
c. Tropisetron
Tropisetron digunakan untuk mual karena kemoterapi dan muntah pada anak.
Mencegah mual dan muntah setelah operasi.
2. Golongan antagonis Dopamin bekerja di otak dan digunakan untuk mengobati rasa mual dan muntah karena penyakit kanker, sakit karena radiasi, obat golongan opiat, obat cytotoxic dan anestesi umum.
Metoclopramide juga bekerja pada saluran pencernaan sebagai prokinetik, dan ini berguna pada penyakit saluran cerna, tetapi kurang berguna pada rasa ingin muntah karena obat cytoxic dan setelah operasi.
Yang harus diperhatikan sebelum minum metoclopramid sebagai berikut :
o katakan ke dokter anda tentang obat resep atau obat non resep yang anda konsumsi khususnya yang mengandung amobarbital, insulin, narkotika, phenobarbital, sedatives, tranquilizer, dan vitamin.
o Katakan ke dokter anda bila anda pernah mengidap atau masih mengidap tumor adrenal, penyakit kejiwaan, parkinson, tekanan darah tinggi, penyakit hati, liver atau ginjal.
o Katakan ke dokter anda bila anda hamil atau berniat untuk hamil atau menyusui. Jika anda hamil sewaktu masa minum obat metoclopramide hubungi dokter anda.
o Jika anda dalam masa operasi termasuk operasi di dokter gigi, katakan ke dokter atau dokter gigi anda bahwa anda minum Metoclopramid.
o Obat ini menyebabkan kantuk. Jangan mengendarai kendaraan atau mesin sampai anda dapat mengatasi efek obat ini.
o Ingat alkohol dapat menambah rasa kantuk yang disebabkan obat ini.
3. Golongan Antihistamines (anatgonis reseptor H1 histamine),efektif untuk beberapa kondisi, termasuk mabuk perjalanan dan rasa mual di pagi hari pada ibu hamil.
. Diphenhydramine
a. Dimenhydrinate selain sabagai antiemetik juga mengatasi vertigo.
b. Pyrathiazine
c. Promethazine
Penderita penyakit jantung atau kegagalan fungsi hati perlu pengawasan yang ketat sewaktu minum obat ini atau tidak minum sama sekali. Anak-anak seharusnya tidak minum Prometahazine dengan dua alasan, pertama, dapat menyebabkan Sindrom Reye. Kedua dosis yang besar dari antihistamin dapat menyebabkan konvulsi, halusinasi dan kematian bagi anak.
Pasien yang mengkonsumsi obat ini dilarang mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat atau terlibat pada aktivitas yang berbahaya di bawah pengaruh obat ini. Obat ini tidak dibuat untuk keamanan ibu hamil atau ibu menyusui.
d. Betahistine khusus untuk vertigo
Betahistin dihidroklorida adalah obat yang sangat mirip senyawa histamin alami. Betahistine bekerja dengan cara langsung berikatan dengan reseptor histamin. Reseptor ini terletak di dinding aliran darah, termasuk di dalam telinga. Dengan mengaktifkan reseptor ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah, mengurangi tekanan di telinga. Betahistine fungsi utamanya sebagai obat penyakit Meniere.
Obat ini membantu menghilangkan tekanan di dalam telinga dan mengurangi frekwensi dan keparahan serangan mual dan pusing. Betahistine juga mengurangi bunyi mendenging di telinga (tinitus) dan membantu fungsi pendengaran menjadi normal.
4. Penghambat channel kalsium ; Flunarizine
Flunarizine adalah penghambat selektif masuknya kalsium dengan cara ikatan calmodulin dan aktivitas hambatan histamin H1. Obat ini efektif untuk mencegah migren, penyakit vaskular periferal terbuka, vertigo, dan sebagai terapi tambahan pada epilepsi.
Untuk pemilihan obat mual dan Vertigo yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.
Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat mual dan Vertigo secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat mual dan Vertigo sesuai kebutuhan anda

Balas Komentar Ini
opi kampang pada February 17, 2009 7:19 PM menulis:

kalo gue kena vertigo enakan dibuat tripping, kan kepala lagi geleng2. jadi ngggak perlu minum bir dulu...yukkk mang...goyangggg...asyikkkkk :D/

Balas Komentar Ini
day pada March 2, 2009 10:19 AM menulis:

assalamu'alaikum...

yups... vertigo emang sulit ditebak... sakit tidak, nyaman juga tidak...

sakit kalau kita merasakannya. tapi akan terasa nikmat jika kita berfikir bahwa tak semua orang punya kesempatan untuk merasakan sensasinya.

indah,

kata dokter aku terkena vertigo. hingga ku temukan blog ini. kalo boleh aku juga inginmencuplik tulisan ini.

mau bernagi, aku juga punya kanker di daerah vital wanita. banyak orang tak tahu tentang ini. tapi aku bersyukur ga dapet gelar 'gadis penyakitan' hahahha.

maen2 ke www.dayihda.blogspot.com %-( :D

Balas Komentar Ini
indra kurniawan pada May 16, 2009 8:06 PM menulis:

waktu kena vertigo wkt saat menelpon pake Hp kepala saya sakit sekali tp wkt itu jalan msh stabil dan salat masih stabil pas plg kmpg naik pesawat dan sampe dikmpng pd wkt berdiri salat juhur terasa ada gempa alias terhunyung2, tdk stabil dan klu bunyi ada kencang sakitnya sampe dikepala. tp tdk diiringi mual dan pusing. tensi darah normal itu berlanjut smpe dijkt. sampe skrpun msh sakit kepala itu berpindah2 kdg dijidat, ditengah dan dibelakang. stp nelp pake Hp kepala terasa sakit. penyakit saya itu apa? atau penyempitan pembuluh darah atau ada indikasi laen. saya blm pemeriksaan CT SCAN ATAU MRI. mhn petunjuknya

Balas Komentar Ini
indra kurniawan pada May 16, 2009 8:07 PM menulis:

waktu kena vertigo wkt saat menelpon pake Hp kepala saya sakit sekali tp wkt itu jalan msh stabil dan salat masih stabil pas plg kmpg naik pesawat dan sampe dikmpng pd wkt berdiri salat juhur terasa ada gempa alias terhunyung2, tdk stabil dan klu bunyi ada kencang sakitnya sampe dikepala. tp tdk diiringi mual dan pusing. tensi darah normal itu berlanjut smpe dijkt. sampe skrpun msh sakit kepala itu berpindah2 kdg dijidat, ditengah dan dibelakang. stp nelp pake Hp kepala terasa sakit. penyakit saya itu apa? atau penyempitan pembuluh darah atau ada indikasi laen. saya blm pemeriksaan CT SCAN ATAU MRI. mhn petunjuknya

Balas Komentar Ini
rima pada August 26, 2009 9:33 AM menulis:

mas conan, kalo mau krn gangguan telinga tengah. apa saya harus ke THT atau periksa ke dokter apa untuk dapat penanganan n obat yang benar?
saya baru mengalami sekali dan sebentar tapi sy jg belum yakin itu vertigo atau kelelahan saja. Saya lagi hamil 7 bulan... jadi cukup kuatir juga dengan kondisi begini. Mohon info-nya ya mas. Thanks.

Balas Komentar Ini

Pencarian

Komentar Terbaru

December 2011

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi