« Aqiqah | Depan | Ketika Facebook Diharamkan »

Upgrade Hardisk

Beberapa bulan terakhir ini aku sering direpotkan oleh si MacBookPro (MBP) yang selalu kehabisan space. Kapasitas HDD 120GB sudah tidak cukup untuk menampung data selama 2 tahun. Ya, meskipun definisi 'cukup' memang subyektif sekali. Gimana mau cukup kalo yang disimpan adalah koleksi MP3 dan film.

Jalan pintas selain menghapus isi HDD adalah dengan membeli HDD baru. Dengan kapasitas yang lebih besar tentunya, namanya juga upgrade.

Namun tidak mudah mencari HDD yang lebih besar (pinginnya sih 500GB), yang dimensinya pas dengan ruangan dalam MBP. Menurut info dari milis, untuk MBP menggunakan HDD 2.5" SATA dengan ketebalan 9.5mm. Nanya kesana-sini tidak menemukan yang sesuai kriteria tersebut. Malah 2 kali nanya ke salah satu toko online besar di Indonesia, jawabannya selalu: "pake external hardisk saja pak". *cpd*

Mentok di Indonesia, akhirnya mencari di eBay, dan ketemu spec yang sesuai persis.


Berhubung aku tidak memiliki Kartu Kredit maka minta bantuan ke mas Dian, yang lalu dengan sigap memesankan, membayarkan lewat PayPal, dst. Singkat kata, barang sudah terbayar dan langsung dikirimkan besoknya. Berikut ini adalah hasil tracking pengiriman barang:

Track & Trace Pos Indonesia Online
STATUS KIRIMAN PAKETPOS LUAR NEGERI
JENIS KIRIMAN :PPLN (PaketPos Luar Negeri)
NO. KIRIMAN : CJ261808xxxUS
NEGARA ASAL : USA
Status Tanggal Kantor Keterangan
[A] Posting/Collection 05-05-2009 US 09122008
[C] Departure from outward office of exchange 07-05-2009 US 09122008
[D] Arrival at inward office of exchange 11-05-2009 Jakarta Pusat 10000
[F] Departure from inward office of exchange to 65100 Adpis = 000895 11-05-2009 Jakarta Pusat 10000
[E] Held By Customs 14-05-2009 Malang 65100
[F] Departure from inward office of exchange to 65100 Adpis = 000010 16-05-2009 Malang 65100
[H] Attempted to deliver 16-05-2009 Malang 65100 A
[I] Final Delivery 16-05-2009 Malang 65100
[G] Arrival at delivery office 16-05-2009 Malang 65100

(diambil dari Tracker http://www.posindonesia.co.id/)


Ketika tanggal 14, aku lihat barang sudah sampai di Malang. Karena sudah tidak sabar aku lalu ngecek ke Kantor Pos Besar Malang. Namun ternyata barang masih harus melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. Mesti menunggu lagi.

Tanggal 16, Sabtu aku ke Kantor Pos lagi, barang sudah boleh diambil. Ternyata memang sudah terbuka sana-sini, bekas dibongkar-bongkar pihak Bea dan Cukai. Bahkan sampai bungkus CD driver juga terbuka. Salut.

Dan inilah barang yang ditunggu-tunggu:
  

Langsung dibongkar:



Ini HDD-nya:
    

Lebih mendekat:


MBP juga mesti dibongkar:


Tidak mudah melakukan instalasi versi bongkar ini, karena sama sekali tidak ada petunjuk untuk itu, apalagi ini adalah barang sensitif. Namun berbekal bakat bongkar-bongkar sejak kecil, akhirnya berhasil membuka 33 (baut? mur? sekrup? whatever) dengan menggunakan obeng plus, obeng minus, dan tang!

Ada beberapa sekrup yang aku tidak punya obengnya, jadi tang ikut berperan.

Misalnya sekrup bintang, yang mana membutuhkan obeng bintang juga. Namun karena adanya cuma peralatan itu, ya dipaksa bisa, tanpa merusak tentu saja. Setiap kali mentok, ditinggal nonton TV dulu. Saat jeda iklan baru mikir cara bongkarnya lagi. Dan selalu berhasil 1 step. Film selesai (Jet Lee), pembongkaran juga selesai.

Dulu waktu kecil aku punya bakat bongkar-bongkar barang elektronik, minus bakat balikin. Sampai pernah radio tetangga direparasikan ke bengkel oleh bapak, karena aku bongkar tapi tidak bisa mengembalikan.

Tapi itu dulu. Sekarang sudah berhasil membongkar MBP dan mengembalikannya. Jadilah sekarang MBP beroperasi dengan 500GB.
Specs:


Hitachi HTS545050B9A300:


  Capacity: 465,76 GB

  Model: Hitachi HTS545050B9A300

  Revision: PB4OC60G

  Serial Number: 090328PB4500Q8GE9P6B

  Native Command Queuing: Yes

  Queue Depth: 32

  Removable Media: No

  Detachable Drive: No

  BSD Name: disk0

  Mac OS 9 Drivers: No

  Partition Map Type: GPT (GUID Partition Table)

  S.M.A.R.T. status: Verified

  Volumes:

Macintosh HD:

  Capacity: 155,25 GB

  Available: 64,62 GB

  Writable: Yes

  File System: Journaled HFS+

  BSD Name: disk0s2

  Mount Point: /Volumes/Macintosh HD

Data:

  Capacity: 155,26 GB

  Available: 135,64 GB

  Writable: Yes

  File System: Journaled HFS+

  BSD Name: disk0s3

  Mount Point: /

Naza:

  Capacity: 154,68 GB

  Available: 154,31 GB

  Writable: Yes

  File System: Journaled HFS+

  BSD Name: disk0s4

  Mount Point: /Volumes/Naza




Ada 7 komentar

Bagas pada May 20, 2009 11:17 PM menulis:
Tanggal 16, Sabtu aku ke Kantor Pos lagi, barang sudah boleh diambil. Ternyata memang sudah terbuka sana-sini, bekas dibongkar-bongkar pihak Bea dan Cukai. Bahkan sampai bungkus CD driver juga terbuka. Salut.

Mbongkar sokor mbongkar, lek mbalekne gak mbejajeni blass. Kalau barangnya lumayan banyak ditakoni macam2, lek misal barang cardingan gak ditahan tapi ditarget duit.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada May 23, 2009 11:48 AM membalas Bagas:

sampe ada yang takut beli blackberry dari eBay karena kuatir 'dilarikan' oleh oknum pihak tersebut. inisial HF ;))

Balas Komentar Ini
dawiecool pada May 21, 2009 12:13 AM menulis:

hahaha... dasar nekat.
saya gak senekat itu.. soalnya sayang kalau gak bisa dibalikin lagi.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada May 23, 2009 11:32 AM membalas dawiecool:

Pilihane cuman 2, Do It or Die
*halah*

Balas Komentar Ini
Jauhari pada May 22, 2009 9:39 PM menulis:

Dapat Harga berapa OM? dulu mau PESEN di eBay tidak jadi karena di KEJAR DEADLINE :D

Akhirnya cuma ambil 350GB aja di LOCALAN :D

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada May 23, 2009 6:51 AM membalas Jauhari:

Harga barang $135, biaya kirim $20, totalnya kalo dikurskan Rp. 1.750.000-an.

Memang sih biasanya agak lama, tapi untuk yang ini terhitung cepat kok, gak sampai 2 minggu :)

Balas Komentar Ini
anton ashardi pada May 24, 2009 5:34 AM menulis:

*jadi semacam semangat lagi bongkar gericom hummer...

Balas Komentar Ini

Isi Komentar




  Isi Smiley


Pencarian

Komentar Terbaru

February 2016

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29          

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi