« Pendukung Mesin Pencari | Depan | Kopdar Perdana MPers Malang »

Perhitungan Event

Adalah sebuah kontroversi, mengenai upacara selamatan meninggalnya seseorang, mulai dari seminggu pertama, 40 hari, 100 hari, sependak (setahun), pendak pindho (2 tahun) dan 1000 harinya.

Keruwetan dan mendekati syirik adalah hal yang paling sering dilontarkan mengenai diadakannya selamatan di hari-hari tertentu itu. Terlebih lagi, tidak ada ajaran seperti itu dalam Islam, meskipun yang digunakan adalah bacaan-bacaan Islami.

Apalagi jika dalam pelaksanaannya, ditambahkan hal-hal yang tidak logis, semisal menyisihkan makanan untuk yang sudah meninggal.

Tentu saja hal tersebut amat-sangat di luar nalar. Yang meninggal hanya dapat didoakan, tidak lebih daripada itu. 

Namun dari sebagian yang masih melaksanakan selamatan, tidak seluruhnya berbuat demikian.

Pada event tersebut dimanfaatkan sebagai momen mengenang mendiang, mendoakan dan menghargai apa-apa yang telah ditinggalkannya. Bukan berarti di luar event itu tidak mendoakan mendiang, namun dalam event tersebut lebih ditekankan dan dilaksanakan secara bersama-sama.

Bukan melestarikan tradisi, tapi memanfaatkan tradisi.

Dari yang terjadi, tidak ada yang bertentangan dengan syariat, dan yang pasti lebih banyak manfaatnya daripada mudhorotnya.

========= 

Ok, di luar dari kontroversi itu, saat di Demak aku sempat menyusun script kecil, untuk melakukan perhitungan hari-hari di atas berdasarkan meninggalnya seseorang.

Perhitungan event ini biasanya dilakukan oleh orang sepuh, yang memang tugasnya menghitung weton, hari, etc. Dan program ini sudah aku cocokkan dengan hasil perhitungan orang sepuh itu, kebanyakan hasilnya selalu sama. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk beda, karena adanya perbedaan skala waktu.

Sebagai info, penanggalan yang digunakan adalah tanggal Jawa yang berdasarkan pada pergerakan bulan, sama dengan penanggalan Hijriyah, kemudian aku gabungkan dengan penanggalan Masehi.

Berikut ini adalah programnya, silakan dicoba:

Masukkan Tanggal Meninggal:
(format tanggal harus yyyy-mm-dd, misalnya 2007-04-02 = 2 April 2007)

 

 

 

Script dapat didownload di sini: hitunghari.zip 


Ada 82 komentar

isdah ahmad pada April 28, 2007 3:31 AM menulis:

lunatic system?

Aryo:
arief?

Balas Komentar Ini
Ahmad pada December 20, 2013 6:23 AM membalas isdah ahmad:

Alhamdulillah terimakasih mas, sangat membantu

Balas Komentar Ini
ferdhie pada April 28, 2007 11:48 AM menulis:

terkadang, selamatan juga menjadi sarana untuk kumpul keluarga yang lama ndak ketemu. mungkin itungan harinya sama sekali ndak make sense at all, tetapi positifnya banyak kok.

asal ga ditambahi bakar menyan, dan sajen2 aja ...

Aryo:
mending bakar daging kambing

Balas Komentar Ini
ToePay pada April 28, 2007 1:49 PM menulis:

Yup, selamatan selain buat kumpul keluarga... ya seperti yang kamu bilang Jo..mendoakan yang sudah meninggal. kan seperti Guru Agama dulu bilang, Doa untuk orang yang telah meninggal dapat melapangkan, menyejukkan kubur.. *seingatku sih gitu :D* walaupun sebenernya mendoakan itu gak mesti hitung hari.. dari judulnya aja, "selamatan" ya kita mendoakan agar yang telah meninggal tersebut di beri keselamatan, dikurangi siksa kuburnya.. kalo dijawa sendiri kan ada keyakinan : 7 Hari setelah meninggal, roh masih berada dirumah..istilahnya pamitan, makanya gak boleh siram air panas sembarangan. 40 Hari, roh sudah berada di alam kubur, dst... katanya sih gitu.. tapi yang inti sih mendoakan, dan doa orang banyak itu katanya cepet diterima.. mungkin kayak Angkot, kalo masih satu penumpang,angkotnya gak berangkat2, kalo langsung banyak kan langsung berangkat..

*kok jadi panjang yo...??*

Aryo:
(zzz... zzz... zzz...)

Balas Komentar Ini
rita pada April 30, 2007 11:33 AM menulis:

hauahaua...toepay selalu bikin 'blog' di mana² :))

Balas Komentar Ini
iRene pada April 30, 2007 3:51 PM menulis:

eMmm masQu ini emang programmer sejati deh, ampe semuanya dibikin program.. hebat euy.. ;)

Aryo:
Ah, pasti ada maunya nih...

Balas Komentar Ini
ToePay pada April 30, 2007 7:32 PM menulis:

#rita :
heuheue.. mumpung lagi gak punya blog... sekarang udah aktif lagi, jadi komen yang singkat-singkat aja.. abis nya kalo panjang nt dikira ngeblog di tempat lain, makanya karena punyaku udah aktif lagi, sekarang aku komen sedikit aja...


^__^;

Balas Komentar Ini
H.wahono pada August 11, 2007 8:25 PM menulis:

Ass wrb..
Terima kasih yg lama saya cari baru hari ini tanggal 12 Agustus 2007 saya temukan,perhitungan ini sangat diperlukan untuk melestarikan budaya kita dengan catatan kita harus mengacu pada ajaran masing 2 agama, sukses untuk penyedia web ini dan usul untuk perhitungan selamatan orang meninggal dilengkapi dengan wuku dan tahun jawa. Terima kasih

Balas Komentar Ini
H.Wahono pada August 11, 2007 9:02 PM menulis:

Ass wrbb.
Mas Aryo Sanjaya... Saya Wahono dari Palembang Nop.Hp.0811711771 mohon bisa dikirim nomor Hp lewat sms saya mau telpon, ada yang akan saya tanyakan. Atas kesediaannya terima kasih

Balas Komentar Ini
H.Wahono pada September 6, 2007 8:01 AM menulis:

Saya sdh terima sms No Hp mas Aryo,karena beliau keberatan menerima telpon saya maka hanya lewat SMS saja komonikasinya. saya belum berhasil medownlod perhitungan orang meninggal dunia, melalui ini saya mohon dapat di kirim sofire tsb ke imail saya.terima kasih

Balas Komentar Ini
Galih pada November 24, 2007 10:54 AM menulis:

gimana ya ngitung 1000 hari meninggalnya orang tua?
ada rumusnya ngga toh?
meninggalnya 16 juni 2005

matur nuwun

Aryo: Kalo pake program di atas, maka ketemunya adalah 11 Maret 2008. Tapi itu adalah penanggalan Masehi, yang mana dari tanggal meninggal ditambahkan 1000 hari. Seharusnya selamatannya (kalo ada) adalah di 10 Maret 2008 (malam sebelumnya)

Balas Komentar Ini
Haris pada December 7, 2007 3:06 AM menulis:

ASS WR WB.
Dear mas Aryo
Mas Aryo aku tertarik dengan karya mas Aryo ini, tapi bagi saya ini bukan hal yang baru, buat dimengerti. Sejak kecil aku sudah sering mendengar dan melihat banyak orang yang kerumah saya untuk mencari hari baik untuk selamatan apa saja miss" pindah rumah,kawinan,sunatan dll,karena bpk saya orang kuno yang menganut kejawen gitulah mas Aryo. tapi sy sebagai anak ga pernah untuk belajar itu.tapi saya juga pernah untuk menentang itu walaupun aku beragama Islam.krn menurut sy kapanpun di hitung maupun tidak dihitung harinya menurut saya bagus bagus aja. oh ya Mas Aryo Kalau Boleh Tahu Mas Aryo tuh aslinya orang mana to , klau aku orang Solo Mas. suwun Mas

Aryo:
Salam kenal juga Mas Haris. Saya wong Demak, lha lak tonggoan toh, hehehe. Mungkin bedanya dengan saya, bukan bapak saya yang sering didatangi, tapi uwak, dan dulu waktu kecil saya sering 'ndowong' di samping uwak kalo sedang ada tamu untuk urusan hitung-menghitung ini.

Balas Komentar Ini
misaag pada January 29, 2008 12:41 PM menulis:

Mas, aku mau nanya.
Gimana cara menghitung weton dan wuku secara manual. Pasti kalian punya rumus kan. Tolong dikirim ke email ya.
Trims banget ya.

Aryo: Kalo menghitung weton memang ada rumusnya pak, saya sertakan di script di atas. Tapi untuk wuku saya belum tau pak.

Balas Komentar Ini
TOMY pada February 8, 2008 9:33 AM menulis:

apa perhitungan weton jg tergantung jam lahir?dalam perhitungan jawa ada yg bilang bahwa saat maghrib itu sudah masuk ke hari selanjutnya.ada lg yang bilang bahwa jam 00 diniharilah yang menjadi acuan perubahan hari.kalau ada perbedaan tersebut jadinya ada 2 persepsi weton kelahirang dong.. mana yang bener???

Aryo:
Keduanya benar, tergantung pakai sistem yang mana.
Untuk penanggalan Masehi perubahan hari dimulai pada jam 00 tengah malam, sedangkan untuk penanggalan Hijriah (Jawa, dan kalender lain yang berbasis rembulan) maka awal dan akhir hari adalah saat terbenamnya matahari (maghrib).
Masalah weton, karena menggunakan penanggalan Jawa, ya harusnya mengikuti sistem rembulan ini.

Balas Komentar Ini
Kio pada February 27, 2008 5:03 PM menulis:

assalamu'alaikum

sebelumnya terima kasih dengan adanya program untuk menghitung hari orng meninggal di atas, dan saya sangat terbantu untuk menghitung 1000 hari ayah saya.

aday yang ingin saya tanyakan, sript di atas sudah saya download tapi koq tidak bisa di running ya?
dan hasil download hanya 5 kb. apa memang dibuat begitu?
terimakasih.
wassalam.

Aryo:
Memang ukurannya segitu kok ;;)
Untuk running itu, dibutuhkan program PHP.
Atau kalau ingin dijalankan di Windows, mungkin perlu diterjemahkan dulu ke pemrograman Desktop. Mungkin butuh bantuan yang ngerti PHP :D


Balas Komentar Ini
Kio pada March 10, 2008 8:15 AM menulis:

ooo jadi begitu yaa..
:-?
permasalahannya saya nggak ngerti PHP..
ngertinya cuma vb hehehe

btw thankyou very much :)

Balas Komentar Ini
teguhsite pada May 8, 2008 2:51 PM menulis:

KAlo mo Cari Tanggal Selamatan mending di : http://ki-demang.com/php_files/06%20tanggal%20selametan%20on%20line.php
http://ki-demang.com/php_files/kds09_02penanggalanproses.php
Disini bisa liat karakter, watak, hari baik, mencari hari kelahiran dll

Balas Komentar Ini
WIDIANTO pada May 21, 2008 9:00 AM menulis:

Mbah Aryo makasih telah bantu aku mendapatkan yang selama ini aku cari semoga amal Mbah Aryo senatiasa mendapatkan berkah melimpah.... setidaknya keinginanku di Kalimantan nguri-uri budaya jawi banyak yang aku dapat dari Mbah . Biar aku ambil baiknya orang lain mau jeleknya ya gak pa pa he..he..

Aryo:
Aamiin, semoga kita sama-sama bisa menjaga budaya Jawa :)


Balas Komentar Ini
Ekalaya pada July 12, 2008 4:21 PM menulis:

Masukkan Tanggal Meninggal:
(format tanggal harus yyyy-mm-dd, misalnya 2007-04-02 = 2 April 2007)

mas ora jalan kok :))

Aryo:
ora ono keterangan error?


Balas Komentar Ini
Lambrosia pada September 30, 2008 11:09 AM menulis:

thanks buanget bt perhitungan eventny ;)

Balas Komentar Ini
wongjawa pada October 9, 2008 9:28 AM menulis:

saya sudah jalankan scriptnya tapi error baik di localhost maupun tempat hostingan saya. Ini msg errornya : Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in c:\scripts\calendar.class.php on line 130

Kira2 gimana solusinya?

Aryo: Maaf pak, nampaknya ada kesalahan script dalam handle tanggal di suatu kondisi. Silakan download hitunghari.zip yang baru. Sekian.

Balas Komentar Ini
wongjawa pada October 14, 2008 3:34 PM menulis:

maturnuwun mas. Scriptnya udah jalan. Pancen Oye!

Balas Komentar Ini
ari33f pada February 19, 2009 7:08 PM menulis:

Saya kurang bahagia

Balas Komentar Ini
tlus pada May 31, 2009 9:15 AM menulis:

kok gak 100% betul??

aq hitung2 lagi ada yang salah,,
pas perhitungan selametan.
coba deh hitung lagi yang 1000 hari,,
ada jeda 1 hari,, tapi ada juga yang pas.

Balas Komentar Ini
aan pada July 19, 2009 7:02 AM menulis:

mas mau nanya 1000 harinya 07 november 2006? kpan jatuh 1000 harinya..... Trim

Balas Komentar Ini
Toekoel Soeyono pada October 15, 2009 10:21 AM menulis:

Ass wr wb
Matur nuwun Mas Aryo, ini adalah sumbangsih panjenengan bahwa kita semua wong jowo sing isih ngugemi budayane leluhur sing edi tur peni....
dan pasti akeh bener lan penere....matur nuwun
wass wr wb
ki amongroso

Balas Komentar Ini
Paikan pada October 17, 2009 10:09 AM menulis:

kami mohon perhitungan orang meninggal dapat ditampilkan lagi masih banyak yang memerlukan

Balas Komentar Ini
Paikan pada October 21, 2009 1:43 PM menulis:

Mohom di tampilkan lagi perhitungan selamatam orang meninggal dari 3 hari sampai dengan seribu hari

Balas Komentar Ini
juli pada December 19, 2009 7:14 PM menulis:

makasih mas aryo, ini sangat membantu saya. untuk nentuin 1000 hari almh. istri saya. thanks berat

Balas Komentar Ini
Pkn pada February 2, 2010 3:48 PM menulis:

Mohon ditampilkan lagi perhitungna orang meninggal dari tiga hari sampai seribu harinya.

Terima Kasih

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada February 2, 2010 4:09 PM membalas Pkn:

Silakan klik link di pojok kanan paling atas mas, untuk menghitung pasaran.

Balas Komentar Ini
Paikan pada February 3, 2010 7:00 AM menulis:

Mohon ditampilkan lagi perhitungan selamatan orang meninggal dari 3 hari sampai dengan 1000 harinya
ada apa kok tidak bisa di proses

Balas Komentar Ini
budyardjo pada May 26, 2010 12:37 PM menulis:

Terimna kasih atas adanya fasilitas menghitung hari jadi mudah kalo ingin tahu hari yang ke 40 - 100 dan 1000 meninggalnya seseorang.
http://indigo-crystal-starseed.blogspot.com/

Balas Komentar Ini
Munky pada June 6, 2010 10:35 AM menulis:

makasih ya progamnya...
jadi ngebantu tetangga yang lupa 1000 hari meninggalnya nenenknya =D>

Balas Komentar Ini
Titiek pada June 14, 2010 10:45 AM menulis:

Terima kasih untuk infonya

Balas Komentar Ini
nur imannu fadjar pada July 26, 2010 5:03 PM menulis:

arb . ka saya mau tanya . saya kan kurang ngerti tuh kalo pake fasilitas nya itu . saya tanya langsung ajah ya ?
:)
mbah saya meninggal tgl 11 juli 2010 . kalo 40 hariannya kpn ya ?

Balas Komentar Ini
Thomas pada September 2, 2010 12:48 AM menulis:

Sy mau tnya bpkq meninggal 24/8/2010 hari selasa pkul 23.45wib trz perhitungannya masuk selasa wage ato rabu kliwonnya??

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada September 2, 2010 10:34 AM membalas Thomas:

Semua kalender yang berbasiskan bulan (jawa, hijriyah dan juga china), pergantian harinya adalah saat matahari terbenam yakni menjelang malam. Jadi kalo Selasa malam, sudah terhitung hari Rabu. Demikian.

Balas Komentar Ini
Thomas pada September 3, 2010 9:36 PM menulis:

Kalau perhitungannya masuk hari rabu berarti kalau ninggalnya 24/08/2010 bukan selasa wage tp patokan hitungan 7hr smpe 1000hr mulai rabu kliwon ato tgl25/08/2010 donk pak??

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada September 4, 2010 9:54 AM membalas Thomas:

Bukan begitu. Kalo secara tanggal akan tetap dihitung mulai tanggal 24, sebab nanti 24 + 6 (hari ketujuh = tanggal 30) juga diambil malamnya, yang mana sudah masuk ke hari Selasa yang merupakan hari ke-7.

Balas Komentar Ini
heru pada September 13, 2010 11:18 PM menulis:

saya akan mengadakan selamatan 2 th atau mendhak pindo nenek saya,nenek saya meninggal hari rabu malam 24 september 2008. menurut rumus anda akan jatuh pd tgl 2 september 2010 dimana tgl tersebut msh dibulan puasa, yg katanya tdk boleh untuk mengadakan selamatan.jadinya saya undur smp tgl 24 september yg menurut perhitungan saya tepat 2 tahun kalender nasional.menurut anda bgm?

Balas Komentar Ini
diyan pada October 22, 2010 9:23 AM menulis:

=D> Dengan adanya program ini, saya menjadi yakin menganai hari peringantan 1000 hari Ibu saya.
Sebelumnya saya melakukan eprhitungan sendiri secara manual, yang mana hasilnya sama dengan scripn yang anda berikan.

Terimaksih atas bantuannya.
@};-

Balas Komentar Ini
WahYou Eka Solo pada November 15, 2010 11:38 AM menulis:

Thank's ea infonya... n' minta ijin- blog ini tak link's ke blog aku yow :)>-

Balas Komentar Ini
Titiek Mulyaningsih pada November 18, 2010 10:28 PM menulis:

Terimakasih banget sharing ilmunya pak Aryo.... smoga menjadi amalan penjenengan.
Program ini mohon dilestarikan...

Balas Komentar Ini
bedegung_agung pada December 5, 2010 3:28 PM menulis:

Mbah, saya mau tanya bpk saya meninggal nya tgl 26 mei 2008 1000 hari nya kapan Terima Kasih

Balas Komentar Ini
Laras pada December 7, 2010 4:23 PM menulis:

Wah,, programnya keren.. kayanya ribet bikinnya.. ya ga sih?
hehe

Balas Komentar Ini
itis pada December 9, 2010 11:32 AM menulis:

matur nuwun mas

Balas Komentar Ini
hary pada December 15, 2010 8:16 PM menulis:

Goog banget webnya, pas saya lagi butuh, tapi...
Saya coba memasukkan tanggal 2010-12-10, hasilnya Hari 7 Kamis Pon 16 Desember 2010 10 Muharam 1432
Hari 40 Selasa Legi 18 Januari 2011 13 Safar 1432
Hari 100 Sabtu Legi 19 Maret 2011 14 Rabiul Tsani 1432
Pendak Pisan Jum'at Pahing 10 Desember 2010 4 Muharam 1432
Pendak Pindo Jum'at Pahing 10 Desember 2010 4 Muharam 1432
Hari 1000 Rabu Legi 4 September 2013 29 Syawal 1434

Pendak pisan dan Pendak pindonya apa benar ?, coba cek tahunnya, Wafat 10 Desember 2010 kok pendak pisan dan pindo 10 desember 2010 juga, padahal saya pas butuh nih....

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada December 16, 2010 1:02 PM membalas hary:

Terimakasih atas koreksinya. Memang perhitungan Pendak yang dihasilkan untuk tanggal tersebut adalah salah. Sekarang sudah dibetulkan, silakan dicoba kembali.

Balas Komentar Ini
rizky pada December 15, 2010 10:46 PM menulis:

sip........... /:)

Balas Komentar Ini
rafi pada January 10, 2011 3:27 PM menulis:

Terimaksih pak Aryo untuk informasinya.

Balas Komentar Ini
widi pada January 18, 2011 8:20 PM menulis:

sugeng ndalu..
nuwun pak de,,
kulo widi tyang semarang,,bade tangklet menawi pakde gadah kamus utawi tutorial kangge sinau jawi kromo inggil,,angsal nyuwun,,
menawi wonten saged di kirim email teng wd@doscom.org pakde,,

matur sembah nuwun sakderenge..

Balas Komentar Ini
Agus winardi pada January 19, 2011 5:51 PM menulis:

Assalam wr.wb..pak aryo,.

Kalau ada orang hilang tenggelam di sungai tgl 21 september 2003 dan ditemukan 4 hari setelahnya dg keadaan meninggal,cara menghitung 1000 harinya dari tgl 21 atau waktu ditemukan?

Balas Komentar Ini
Neneng pada February 11, 2011 6:15 PM menulis:

Asslm. Wr.Wb.

Terimakasih pak untuk hari perhitungan. Semoga Allah SWT membalas kebaikan bapak.

Balas Komentar Ini
Eko Raharjo pada February 14, 2011 8:34 AM menulis:

Mas Aryo...terima kasih saya bisa menghitung 1000 hari almarhum bapak, dari tanah kalimantan saya capkan terima kasih...semoga budaya Jawa tidak luntur lekang di makan jaman...semoga kami di kalimantan dapat meneruskan budaya jawa yg merupakan aset bangsa....

Balas Komentar Ini
ninuk pada February 16, 2011 11:50 AM menulis:

terima kasih programnya, karena saat ini saya bingung mau mendak 2 bapak saya tiba tiba saya menemukan web ini, sekali lagi terima kasih

Balas Komentar Ini
soeprie pada May 10, 2011 10:44 AM menulis:

thx buanget bos....kita memang lagi cari hari ke 1000 meninggalnya kakek kami....ehhhh..kami temukan di web ini....skali lagi matur nuwun *-:)

Balas Komentar Ini
budi pada May 16, 2011 9:40 PM menulis:

mas mau tanya...ayah saya meninggal 31 januari 2011
kapan pas nya untuk peringatan 100 hari, 1 th, 2th, dan 1000 harinya? thk u banyak sebelumnya!

Balas Komentar Ini
Ikadaigakko pada June 4, 2011 1:29 PM menulis:

Thank you..syukron..aku kan ndak bisa ngitung2 pendak 2 suwargi bapakku..Alhamdulillah nemu situs ini, ketemu deh! Sip...!!! :))

Balas Komentar Ini
ganis pada September 12, 2011 3:11 PM menulis:

Peringatan Pendak I dan seterusnya apakah harus pas pada tanggal perhitungan atau apa boleh dimajukan.

Balas Komentar Ini
Sutiyo pada September 13, 2011 11:07 AM menulis:

Ass.Mas Aryo
Mau nanya cari 1000 hari meninggalnya simbok saya gimana ya? Tgl.16 Februari 2009 meninggalnya saya coba isian diatas ko ga kejawab Suwun Wass..

Balas Komentar Ini
agus pada November 14, 2011 8:45 PM membalas Sutiyo:

wong edann!!!

Balas Komentar Ini
novita anggraini pada October 10, 2011 1:42 PM menulis:

kakek sy meninggal tangal 10 feb 1977.. katax ibu sy meninggalnya kakek pas hari selasa kliwon,, tp kok berdasarkan perhitungan ini meninggalnya kakek sy mlah jd kamis legi.... yg bner yg mn?
ap tanggalan yg d lihat ibu sy yg salahh....mhon jawabannya

Balas Komentar Ini
abdul wasis pada November 3, 2011 2:02 PM menulis:

Terima kasih om aryo kami semua pada bingung gimana caranya mencari 1000 hari meninggalnya bapak saya , setelah menemukan program ini baru jelas 1000 harinya, semoga program ini dapat berguna untuk kita semua, wassalam arek Jember

Balas Komentar Ini
DHANY pada November 10, 2011 9:26 AM menulis:

Sweeeeeeeeeeeb..!! thanks a lot y...

Balas Komentar Ini
San pada December 28, 2011 4:23 PM menulis:

Terimakasih programnya bagus. semoga berguna..

Balas Komentar Ini
Tukino Hendro pada January 10, 2012 8:33 PM menulis:

matur nuwun kulo nderek manfaataken menghitung hari selametan semoga Alloh membalas budi baik yang bikin blog..amiin

Balas Komentar Ini
yaksa pada January 16, 2012 11:16 AM menulis:

Mas....mau nanya....misal 1000 hari ketemu hari kamis wage..,acaranya selamatan rabu mlm kamis wage...,atau kamis wage mlm jumat kliwon..?matur swn sanget...

Balas Komentar Ini
ERIKA Ika pada April 10, 2012 1:45 PM menulis:

Mau tanya nih, bapak saya meninggal tgl 29 Juli 2009, utk 1000 hari beliau jatuh tgl berapa ya? Matur kesuwun.

Balas Komentar Ini
waras fatchu rosyidi pada April 14, 2012 10:26 AM menulis:

matur sembah nuwun sanget kalian sing ndamel blog niki mugih mugih pikantuk berkahing gusti alloh s.w.t ,amargi kulo saget madosi dinten 1000 dintene yogo kulo sing kapendet dinten riyoyo idul adha ,matur sembah nuwun kulo tansah repot ngitung wassalam
bpk waras fatchu rosyidi gresik

Balas Komentar Ini
adjoey pada April 26, 2012 1:47 AM menulis:

kenapa tanggalnya beda di antara masehi & hijriah dsini sama tanggalan yg pnya drumah saya..,contoh tnggal 23 jan 2012 masehi.dikalender rumah sy dtanggal 23 jan 2012 adalah tnggal 28 safar 1433,sedangkang disini 29 safar 1433,,? mohon penjelasan..trimakasih...

Balas Komentar Ini
Trio pada June 3, 2012 7:07 AM menulis:

Maaf pak,sy bingung sama weton sy..sy lahir tgl 17 november 1982, kata orang tua,weton saya rebo pon,tapi menurut tanggal,weton saya rebo pahing.saya bingung sekali ketika mau menikah,sbenarnya weton saya yang mana?

Balas Komentar Ini
Trion62 pada June 3, 2012 7:11 AM menulis:

Maaf pak,sy bingung sama weton sy..sy lahir tgl 17 november 1982, kata orang tua,weton saya rebo pon,tapi menurut tanggal,weton saya rebo pahing.saya bingung sekali ketika mau menikah,sbenarnya weton saya yang mana?

Balas Komentar Ini
Y.E.CAHYONO pada August 16, 2012 2:53 PM menulis:

Ass. Mas bagaimana kalau nama bulannya menggunakan juga bulan jawa serta tahun jawa seperti Dal, ehe dan seterusnya. kan lebih sinkron dengan perhitungan jawanya. nuwun

Balas Komentar Ini
Y.E.CAHYONO pada August 16, 2012 2:54 PM menulis:

Ass. Mas bagaimana kalau nama bulannya menggunakan juga bulan jawa serta tahun jawa seperti Dal, ehe dan seterusnya. kan lebih sinkron dengan perhitungan jawanya. nuwun

Balas Komentar Ini
Deasy angelya pada August 24, 2012 10:23 PM menulis:

Kakek saya ninggal 19 des 2009 jadi untuk slamatan 1000hri nya kapan ya. ?

Balas Komentar Ini
rusdi pada September 11, 2012 7:13 AM menulis:

mas terimakasih, artikelnya membantu, cuman sekian detik udah muncul

Balas Komentar Ini
imam sayudi pada September 15, 2012 7:52 AM menulis:

ibu meninggal 18 januari 2010, kpan 1000 harinya

Balas Komentar Ini
gerard arnez pada October 7, 2012 1:35 PM menulis:

Mas itU yang di tabel bener khan? Thanks yaa....

Balas Komentar Ini
Fahmi Khoiruman pada December 10, 2012 5:43 PM menulis:

maksih banyak bro, masalahnya di zaman sekarang udah banyak yang nglupain jasa pujangga-pujangga kita yang suka berfikir dan mengotak atik manajemen hidup. artinya masyarakat sekarang udah cuek dan kaga suka aturan-aturan yang konon katanya mempersulit hidup... ;lanjutkan agar budaya keteraturan semakin mantap...

Balas Komentar Ini
kiki nofitasari pada May 23, 2013 8:39 AM menulis:

cra.nya g5n c q ttp bngunkz

Balas Komentar Ini
rya pada October 28, 2013 1:52 PM menulis:

assalamualaikum....
maaf kalo mau hitung windu bagaimana? mksh
wassalam

Balas Komentar Ini

Isi Komentar




  Isi Smiley


Pencarian

Komentar Terbaru

January 2014

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi