« Pasar vs Supermarket | Depan | Ngabuburit Bersama Asongan »

Ludruk Kartolo CS

Masih terlintas di kenangan, waktu aku masih kecil (1 meter-an) sering mendengarkan kaset milik pamanku, di antaranya adalah kisah tentang Mahesa Jenar dan ludruk lawakan Kartolo CS.
Selain dari kaset pamanku, juga dari berbagai acara, misalnya resepsi pernikahan, sunatan, dan dari radio AM.

Sebagai info, di daerahku kalo ada acara pernikahan atau sunatan, orang akan memasang 2 buah speaker dengan merk TOA, dipancang pada sebuah pohon bambu yang tinggi sekali, sehingga dapat terdengar di seantero desa.
Yang diperdengarkan adalah musik-musik ceria (dangdut/qasidah), pengajian (Zainuddin MZ), kethoprak dan ludruk.

Sekarang sih sudah gak ada kayak gitu, karena sudah pake 8 salon bertumpuk, yang suaranya lebih merdu meski jangkauannya tidak satu desa, dan setauku yang dimainkan cuma musik saja, gak seperti zaman aku kecil dulu.
Padahal dari acara seperti itu, aku jadi tau banyak tentang kethoprak, ludruk, pengajian, etc.

Cak Kartolo
Kembali ke Kartolo, yang merupakan seorang pelawak ludruk legendaris asal Surabaya, Jawa Timur. Beliau sudah lebih dari 40 tahun hidup dalam dunia seni ludruk.

Nama Kartolo dengan suaranya yang khas, dengan banyolan yang lugu dan cerdas, hampir pasti dikenal di seluruh Jawa Timur, bahkan di daerahku di pertengahan Jawa Tengah.

Bagi yang belum tau ludruk, ludruk adalah kesenian tradisional asal Jawa Timur, menampilkan dialog/monolog yang bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa. Ceritanya biasanya diambil dari kehidupan sehari-hari, dan menggunakan bahasa khas Surabaya, meski terkadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda.

Berbeda dengan kethoprak dari Jawa Tengah, yang ceritanya sering diambil dari kisah zaman dulu (sejarah maupun dongeng), dan bersifat menyampaikan pesan tertentu.

Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan non intelek (tukang becak, peronda, sopir angkotan, etc).
Yeah, meski menggunakan bahasa Jawa Timuran, yang memiliki beberapa kosa kata berbeda dengan daerahku, toh aku bisa mengerti, yang akhirnya menambah perbendaharaan kata.

Oh ya, dulu TVRI juga sering menayangkan ludruk Kartolo ini, jadi aku sudah pernah melihat tampang para pelawaknya.

Kartolo CS terdiri dari Kartolo, Basman, Sapari, Sokran, Blonthang, Tini (istri Kartolo), tergabung dalam kesenian karawitan Sawunggaling Surabaya. Masing-masing pemain punya karakter yang unik dan khas, dan punya semacam 'tata-bahasa' sendiri. Misalnya Kartolo yang menjadi paling cerdas, sehingga sering diceritakan 'ngakali' pemain lain, Basman yang punya suara besar dan omongan nyerocos, Sapari yang sering nakal tapi malah jadi korban, etc.
Satu hal yang aku yakini, mereka semua bakat jadi Junker.

Namun formasi emas ini tidak bertahan sampai sekarang. Yang tersisa adalah Kartolo, Tini dan Sapari. Basman, Sokran dan Blonthang sudah meninggal dunia.

Sampe sekarang Kartolo dan Sapari masih sering tampil di JTV (TV-nya Jawapos). Tapi aku cuma sempat beberapa kali nonton, lha aku nonton TV saja jarang.

Meski sudah tidak lengkap, namun album rekaman kelompok itu masih bertahan sampai sekarang. Hampir tiap malam lawakan mereka disiarkan di radio. Kalo di Malang, kalo gak salah di Pro3 FM. Hmm, lupa hari dan jam siarannya.
Dulu sering dengerin sewaktu masih aktif di UKM kampus, ketawa-ketawa sambil begadang di ruang sekretariat.

Kalo aku kebetulan jalan-jalan malam, sering ketemu para SATPAM yang sedang ditemani acara ini.

Sekarang, aku cuma bisa mengumpulkan beberapa albumnya, dalam bentuk MP3:


  1. Blonthang Ngedukno Lemah
  2. Basman Poseeng
  3. Marlena Ketemu Jodoh
  4. Basman Juragan Genthong
  5. Thenguk-thenguk Nemu Gethuk
  6. Prabu Basman Crongoan
  7. Kuro Kandas
  8. Kumpeni Gulung Tikar
  9. Kartolo Nyetrip
  10. Sragi Kecemplung Kalen
  11. Rabine Cacing Anil
  12. Ratu Amen
  13. Genthong Mengkurep
  14. Endoge Welut
  15. Makelar Losmen (tapi cuma side A. Ada yang punya side B?)
  16. Branjang Kabel
  17. Bolah Ruwet

Bagi yang mau ngopi, atau yang mau ngasih, kontak aku ya.
Aku sudah upload beberapa albumnya di sini:
http://aryosanjaya.multiply.com/music/item/9

Menurutku ini gak termasuk pembajakan, tapi pelestarian budaya bangsa. Toh lebih baik kalo ada yang mau beli versi originalnya (kalo nemu).

*gambar dan beberapa info diambil dari:
http://suluhpratita.multiply.com/journal/item/29


Ada 98 komentar

Aan pada September 28, 2006 1:55 PM menulis:

Wah MAs Aryo, kisah anda mengenai masa kecil dan tentang kartolo hampir sama.
makanya saat aku liat status YM nya lagi kartoloan...langsung kukejar file2nya heheheh thank's alot yah...

sma yang kurasakan ...serasa seperti dikampung halaman....teringant masa2 kecil..bahkan sampe masa Kuliah aku tetep juga setia dengerin dia... dulu sih jam 10 di RRI malang trus agak maleman di Andalus FM.
saat masih kerja di Sby - juga masih sering dengerein hehehehe...

makasih mas Aryo file2nya ...tinggal nyari lagu2 gending jawi....

* i miss my downtown *

Balas Komentar Ini
Edi Munawan pada September 28, 2006 3:45 PM menulis:

Wes jo kesuwen ndang di Gawe Web/FTP server ndang tak download-te,tekan kos2san mu tak d/l Vbased-mu entek ,mengko njaluk ganti he.he..he... :P


:-Salam-:

Edi Munawan
@Globalxtreme.net

Balas Komentar Ini
SUNARDI pada April 21, 2009 2:17 PM membalas Edi Munawan:

sugeng pepindahan kaleh kaulo
nuwun sewu, kangmas,
kulon saking tanah kudus ds. loram kulon no. 218 rt.07 rw.01 kec. jati kab. kudus.
tansah kelingan cerito-cerito babakan tanah leluhur.
Ananging kaulo mboten gadah copy film kange menambah ilmu kagem nambah wawasan babakan tanah lelehur.
susuwn.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada September 28, 2006 11:06 PM menulis:

#aan:
Kalo pas di rumah, terserah mau ngopi album yang mana aja. Tapi kalo di kantor, hehe, gak enak aja.

#edhel:
Piye carane aku pasang FTP Server, lha laptop-e tak gowo neng kantor ngene.
Engko lek ndek omah, tak share terus kopien lewat VPN wae :p

Balas Komentar Ini
aan pada September 29, 2006 9:51 AM menulis:

Dekati aja si Adminnya...nitip hosting bentar. cuman 2 giga ..selama dua hari.
hehehe

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada September 29, 2006 11:22 AM menulis:

#aan:
Gak usah didekati pasti dibolehkan, gak begitu ngefek di koneksi kantor. Tapi gak enak di perasaan, menggunakan fasilitas kantor untuk hal seperti itu.
Makanya aku pasang koneksi DoD 2GB di rumah, itu supaya bisa puas browsing pake punya sendiri, gitu ceritanya ;;)

Balas Komentar Ini
isdah pada September 29, 2006 7:40 PM menulis:
Kembali ke Kartolo, yang merupakan sebuah pelawak ludruk legendaris asal Surabaya, Jawa Timur. Beliau sudah lebih dari 40 tahun hidup dalam dunia seni ludruk.

Sebuah??? maksudnya seorang?

Balas Komentar Ini
vnuzday pada September 29, 2006 8:00 PM menulis:
Bagi yang belum tau ludruk, ludruk adalah kesenian tradisional asal Jawa Timur, menampilkan dialog/monolog yang bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa.

Mungkin maksud mas Parjo adalah ini adalah definisi dari Ludruk ala kartolo.

Soalnya kalo Pakem ludruk asli itu tidak seperti itu,
banyolan hanya menjadi salah satu babak dalam pementasan lakon ludruk. Bukan menjadi mainstream seperti Kartolo Cs.

Banyolan hanya ada dalam satu babak, dan babak-babak yang lain adalah, ngremo, jula-juli hingga bedhayan.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada September 30, 2006 5:01 AM menulis:

#isdah:
Fixed.
Itu mungkin pikirannya lagi mecah antara Kartolo sebagai seorang lawak dan Kartolo sebagai grup lawak. Akhirnya kepilih yang pertama.

#venus:
Oh, gitu?
Soale kabanyakan Ludruk yang aku dengar/lihat ya memang seperti itu, misalnya grup Kirun CS.

Balas Komentar Ini
odod pada October 1, 2006 12:00 PM menulis:

ngendi cak, lak dunlut mp3 ne kartolo, aku yo pingin...

Balas Komentar Ini
Junkerz side B pada October 1, 2006 12:40 PM menulis:

CUMA LUDRUK ITEBE YG TOP...LUDRUK LAIN IS NOTHING...xixixi..:p
*duh, kapan ya ada ludruk lagi di ITB?*

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada October 2, 2006 9:45 AM menulis:

#odod:
Hmm, nanti aku uploadkan ke multiply deh, ya.

#engkoh:
Tuh kan, apa aku bilang, pelawak ludruk itu bakat jadi junkerz, secara Engkoh ternyata mantan pelawak ludruk.

Balas Komentar Ini
jaylangkung pada October 4, 2006 9:58 PM menulis:

dung.. dung plak dung dung...

whuuuaaa haaa haa haaiiii

*pembukaan awal kartolo cs

Balas Komentar Ini
endiat pada October 31, 2006 7:40 AM menulis:

cak, sak ilingku personel lawas kartolo iku ana cak munawar !!!

Aryo: Iyo. Tapi koyoke ora mlebu team inti, soale kadang ono kadang ora.
Tapi yo mbuh kenyataane ;;)

Balas Komentar Ini
oezee pada September 10, 2011 7:27 AM membalas endiat:

Yang bener tuh munawar termasuk anggota inti Sawunggaling, Sokran,Blonthang itu hanya bintang tamu yang tampil insidentil saja kayak bintang tamu yang lain, misal Marlena,Sontolowo,Markeso dll, atau juga dari group lain seperti Cak Sidik, Cak Kamari dll.

Balas Komentar Ini
GuM pada October 31, 2006 4:51 PM menulis:

Pingin ngemi, ngemi dewe..
Pingin cap cay, ngecap dewe..
Pingin endok, ngendok dewe..

:))

in memoriam Complete personils of Kartolo CS

Aryo: Awakmu isek cilik kok wes ngerti personil lengkap Kartolo CS?Jangan-jangan udah dengerin Kartolo sejak dalam kandungan, Mbar?

Balas Komentar Ini
bedjo pada November 9, 2006 12:15 PM menulis:

cocok iku cak! ngrungokno banyolan kartolo cs....ilang wis stress_e....bravo!!! :D

Aryo: ojo nganti ngrungokno kartolo terus lali nyambut gawe. mari ngrungokno kartolo ditagih duit blonjo karo bojo, wah, tambah stress wes ;))

Balas Komentar Ini
zen pada November 9, 2006 7:31 PM menulis:

atas info temen, sy biasa denger cerita ludruk cak kartolo cs dr sini :
http://www.pakdenono.com/kartolo.htm
matur nuwun,

Aryo: sami-sami, pak zen.

Balas Komentar Ini
koda pada November 25, 2006 12:54 PM menulis:

jan, oono juga sing iseng upload kartolo :D.
suwun yo pak

salam kenal
koda

Aryo: Salam kenal juga, Pak Koda.
Ada lagi album-album yang laen, kalo berminat, kontak saya, ya.

Balas Komentar Ini
jaya pada December 4, 2006 12:52 PM menulis:

apa bisa saya ngopi kumpulan album kartolo nya
soalnya saya butuh untuk skriksi
terima kasih sebelumnya

Aryo: Waah, Kartolo jadi skripsi? Hebat nehh.
Aku punya koleksi 60 albumnya, total 3.2 GB. Punya ide untuk cara ngopinya? Aku di Malang :D

Balas Komentar Ini
Perecek pada February 14, 2007 2:40 PM menulis:

saya punya banyak koleksi 40an tapi makelar losmen belum punya. kalau ada yang punya side B tlg di upload dong.

Aryo: Lha kok sama :D
Yang 40 itu aku juga punya, rekaman kaset dengan bitrate tinggi, jadi gede-gede filenya.

Balas Komentar Ini
agata pada March 26, 2007 5:01 PM menulis:

saya kira yang namanya ludruk adalah kebudayaan asli dari daerah jombang jawa timur,bukan dari daerah surabaya.

Aryo:
ada referensinya ya?
soale setauku kebanyakan ludruk datangnya dari surabaya.

Balas Komentar Ini
seno yudho pada April 25, 2007 12:59 PM menulis:

mas Mahesa, lha mbok sayaminta MP3 nya, dikirim saja, nanti biaya copy sama ongkos kirim aku ganti. gimana Mas, syukur syukur ada VCDnya.
Mohon khabar'e yo Mas !

Aryo:
Alamatnya mana pak?
Saya punya DVD-nya, isinya 3.2 GB. Kalo sampean dekat Malang, ambil aja ke sini.
Ongkos kirim dan DVD-nya ndak tau :p

Balas Komentar Ini
yatmo pada May 1, 2007 7:26 PM menulis:

aku mulai lair ceprot nganti umur 45 th urip nang kalimantan, lha mboh kok aku seneng ngrungokno kartolo cs, terus saben malem seloso lan malem sabtu aku ngrungokno ludruk rri mulai jaman markuwat,kancil cs seneng banget, saiki aku wes pindah nang Suroboyo, nek golek gending2 julajuli, parikan iku nang endi mas...

Aryo:
Ndek Malang koyoke ndek pasar besar ono pak

Balas Komentar Ini
muh pada May 9, 2007 10:12 AM menulis:

pak ngopi kartolone donk,pean dek malang endi??3.2Gb??ko ta gowo hdd ae wes lek oleh...suwun...

Aryo:
Aku ndek Joyogrand pak, SMS ae ndek 0856-361-9400.
Gowo HDD iso, DVD blank yo ok.

Balas Komentar Ini
Ru pada May 17, 2007 11:33 AM menulis:

Beliaunya dulu rajin mengeluarkan rekaman. Kira2 ada kalau 70+ kaset.

Aryo:
Yang aku simpan udah 65-an album :)

Balas Komentar Ini
Mochammad kholil pada May 25, 2007 11:10 PM menulis:

mas, klo boleh aku mau minta diuploadkan lagu yang biasa diputar untuk mengawali ludruk RRI Surabaya, ya kira2 liriknya begini "Suroboyo kotane jawatimur....." trus ada juga yang begini "murah sandang pangan seger kewarasan..", ya pokoknya kira2 bgitulah. tolong mas ya, klo ada diuploadkan, trim's

Aryo:
Wah, belum punya koleksi yang itu pak :D

Balas Komentar Ini
dprcuk pada June 13, 2007 5:17 PM menulis:

Thanks...mas aku iso donlot (jarene kartolo) kidungane katrol...haaaa haaaa kacrok.....haaaa haaaa karambol haaaa haaaa (gayane Basman)

Balas Komentar Ini
Dony pada June 19, 2007 3:43 AM menulis:

Waduh mas sak umpama sing 3,2G kuwi di back-up nang dvd trus sampean sebar luaskan via pos yok apa? Ketok'e animo masyarakat tinggi ^_^
Eh btw nang J-TV onok cak kartolo yo mas? Wah sayang aku nang Bandung T_T

Aryo:
Aku yakin banyak yang tertarik mas B-)
Cuman masalahnya ada beberapa kendala:
- masalah hak cipta, lha aku ini siapa kok nyebarkan kreasi orang lain. bisa dikejar BSA aku nanti >:)
- ongkos kirim. kalo burning sih gratis :D
silakan datang ke sini dan kita berbagi MP3 bajakan bersama.
*semoga tidak melanggar HAKI, toh melestarikan budaya yang semakin banyak saingan*
(membenarkan diri sendiri)

Balas Komentar Ini
esgewe pada July 6, 2007 7:10 PM menulis:

Cak, aku pingin album Kartolo sing judule "Wong Blangkonan" Nek awake peno nduwe tulung golekna.

Cak,aku ya pingin nduwe koleksi lagu Jowo-ne Mus Mulyadi. Peno nduwe,ta?

Balas Komentar Ini
ariya pada July 6, 2007 11:10 PM menulis:

waduh kok susah dii hubungi via YM yach mas

Balas Komentar Ini
Wahid pada July 7, 2007 7:09 AM menulis:

info Mas Aryo, konco-2 nek arep donlot Ludruk Kartolo moro wae nang waluyo.com yoiso.

Balas Komentar Ini
eko pada July 13, 2007 2:38 PM menulis:

wah kepengen ki rek,tp omahku bengkulu yok opo carane ? nek copy Dvd ne dikirim kados pundi?

Balas Komentar Ini
eko pada July 13, 2007 2:38 PM menulis:

wah kepengen ki rek,tp omahku bengkulu yok opo carane ? nek copy Dvd ne dikirim kados pundi?

Balas Komentar Ini
haorrahman (ook) pada July 28, 2007 2:08 PM menulis:

mase seng ganteng dewe sak indpnesia. yo opo carane ketemu ambek cak kartolo.aku pengen wawancara nang cak kartolo.gae tabloid LPM Solidaritas. piye........?

Balas Komentar Ini
seno yudho pada August 15, 2007 11:41 AM menulis:

Wah sorry Mas, baru dibales, aku alamate nang bandung, tapi njenengan alamate pundi nggih, mengko tak njaluk tulung adikku sing nang Malang, lek nang malang onok sing dodol MP3ne opo gak Mas.
Suwun.

Aryo:
Paling ono sing dodol kasete thok.
Adike sampean kongkon hubungi YM-ku ae mas.

Balas Komentar Ini
gajah_pesing pada August 23, 2007 3:49 PM menulis:

saya sejak kecil sampe sekarang hanya kartolo yang masih tersimpan dalam ingatanku bahwa ludruk yang mereka bawakan bukan hanya terbatas pada kaum orang tua tapi anak" dapat menikmati. (mendengarkan pertama kali pada umur 8 tahun dengan lakon "Basman Crongohan")

Balas Komentar Ini
danang pada September 27, 2007 11:38 AM menulis:

Rek, piye carane ngopi mp3 cak kartolo, syukron.

Balas Komentar Ini
agus pada September 28, 2007 6:42 PM menulis:

mas,kartolone tak sedot kabeh yo,suwun...

Balas Komentar Ini
dedy pada October 21, 2007 2:49 PM menulis:

wah aq seneng dgn obrolan ini....bs buat komunitasnya gak yaH? klo ada pun mgkn cak Kartolo pasti akan senang :D

Aryo:
Komunitas kayaknya sudah ada di Friendster :)

Balas Komentar Ini
tjak tomo tzakti tjoek pada October 27, 2007 6:20 AM menulis:

tjak tah yu ono sing duwe photo -photoe legenda ludruk'an a? aku pingin ngabadikno photo e personil jula juli sawunggaling cak kartolo lengkap ambek mBah Blontang, lek munawar, mbokde lasiyanah, om nDjoto lan sapinunggalane.. ^:)^

Balas Komentar Ini
arif pada February 13, 2008 6:16 AM menulis:

wah... kartolo cs emang top bgt... mulai smp aku dah keranjingan bgt...sampai sekarang..lawakan cak kartolo ki nek diulang ulang tambah ketok lucune...dan koleksiku lengkap bgt aku entuk seko radio swasta di daearah ku.. total 4gb. dan masterpiece nya adalah tumpeng maut.

Balas Komentar Ini
gmboel pada February 24, 2008 8:38 AM menulis:

om yok opo kbr'e?????iling gmboel gak???
hehheehehe....
aku yo ngefans karo kartolo lho...
mulai kecil aku dah akrab ma banyolan'e kartolo cs.
sampe akhirnya...kalo tdr harus dengerin kartolo dulu baru bisa tdr, kalo gak...wah di jamin tdrnya gak bisa nyenyak...
:D .dulu waktu masih dimlg enak, tiap jam 11 malam dengerin tidar sakti yang muter kartolo. berhub aku pindah ke batam, jadi aku back up beberapa album kartolo, buat temen tdr. om, kira2 ada fans clubnya kartolo gak ya????
btw....om aryo wis ibar a????? ;;)

Aryo:
durung ibar mbul. awakmu kok iso tekan mbatam lapo? melu bojomu tah?


Balas Komentar Ini
adi pada March 11, 2008 1:23 PM menulis:

mas...aku yo AREMA... nek kartolo-an, TIDAR SAKTI ambek ANDALUS enggone...ngomong2 sampeyan nduwe ludrukane Markuwat CS tah ? kangen rasane....nek ono sing nduwe, tolong aku dikabari opo'o...suwun yo mass...n lam kenal...

Balas Komentar Ini
ari arief pada March 15, 2008 1:42 PM menulis:

Kartolo? Coba mampir ke tempat ini: http://kresnaduta.multiply.com

Balas Komentar Ini
adi pada April 9, 2008 4:56 PM menulis:

lihut tuh kartolo di jtv jam 8 hari rebo

ato sering2 dengerin RRI setiap malem tapi yah gt dagelan sing lawas2 sing diputer

Aryo:
jtv cuman disiarkan di jatim


Balas Komentar Ini
junaedi pada April 24, 2008 2:51 PM menulis:

salam kenal rek..
aq jek tas ero nek onok forum iki..aq yo penggemar berat kartolo..btw nek ono sing gelem, aq wis onok kiro-kiro 70 judul kartolo format mp3 karo 5 judul sidik cs..oh iyo aq mannggone nang jakarta btw nek ono sing gelem tak kei gratis..tapi gowo dvd dewe..

salam

edi

Balas Komentar Ini
gopril pada May 1, 2008 1:34 PM menulis:

Salam kenal buat mas Aryo..., saya masih berusaha belajar internet (baca gaptek) n saya berusaha kirim komentar tapi kok gak bisa masuk ya??!!(nyuwun dawuh kaliyan ilmunipun). Waktu liat situsnya ada nama nagasasra sabuk inten langsung saya klik (apalagi ternyata ada kesukaan saya sejak kecil"Kartolo CS"diulas, tambah seneng saya deh) Maturnuwun sekian saja perkenalannnya.

Balas Komentar Ini
Pambudi pada May 8, 2008 8:22 AM menulis:

Salam kenal buat mas aryo
mas saya adalah penggemr berat kartolo. saya mendengarkan kartolo dari kaset kakak saya. saya dulu juga banyak punya kaset kartolo. tapi sekarang udah ilang semua.
mas gimana caranya saya bisa dapat kartolo versi mp3 nya?

Balas Komentar Ini
kresno pada July 9, 2008 10:37 AM menulis:

lek pengen download mp3 carane yok opo cak?

Aryo:
Di atas itu ada link ke multply saya, silakan masuk ke situ. Tapi cuman sedikit.


Balas Komentar Ini
goeh pada July 11, 2008 10:18 AM menulis:

cak cak...sampyan podo ae karo awake peno ng bdg pecinta loedroek...nuwun sewu cak aryo ta download e yo koleksi sampeyan ben iso ngelengkapi koleksi ne arek2

http://unit.itb.ac.id/~loedroek/?cat=1

Balas Komentar Ini
bambang mbulet pada July 11, 2008 11:27 AM menulis:

waduuuh rek cik senenge nduwe dolor sing nyimpen ludrukane cak katrol lho... yo opo se... cak kartolo sing nggenah opo rek.
wis aku tak nge download yo, suwun sing oakeh.....

Balas Komentar Ini
andre pada July 28, 2008 1:52 PM menulis:

Cak Kartolo cs adalah seniman besar. saya tidak pernah melewati setiap malam sebelum tidur untuk tidak mendengarkan banyolan mereka. beratus ratus kali saya mendengkarkan tetapi tidak pernah bosen. salut buat kartolo, basman, tini, sapari, sokran blontang dan tamu tamunya. masih kah mereka berkarya?

Balas Komentar Ini
Munjos pada August 4, 2008 2:39 PM menulis:

Aku nduwe akeh, ono 35 judul...tp yang lo sebutin di situ gw dah punya semuanya. Gw nyari yang episode waktu blonthang nyilih sepedae basman, mari ngono di cat ijo. Kalo ada yang punya dong plizzz..

Aryo:
Judulnya Warung Kintel. Aku ada nih, gimana transfernya?


Balas Komentar Ini
junaedi_pencangkul pada August 8, 2008 8:50 AM menulis:

Aku kalo pulng ke nJombang tiap menjelang subuh selalu putar radio acara kartolo. Di jombang ada 2 stasiun radio tiap malam mutar ludruk kartolo cs.

Laptopku pun sekarang menimpang sekitar 18 judul ludruk Kartolo CS! yang paling kusuka "Patih kabur kanginan"

Balas Komentar Ini
yurie pada August 11, 2008 2:27 AM menulis:

upload-an Kartolo CS kiriman dari Mas Aryo ada 134 file (67 Crita), bisa di download disini :
http://blog.tommybudiawan.com/kategori/kartolo

Balas Komentar Ini
MUSTAFA pada August 15, 2008 5:53 PM menulis:

Senenge rek iso kartoloan.
podho karo'mas junaedi...nek muleh neng kertosono aku yo pasang radio sing nyiarne kartolo..
btw...nek sing enek "..aku tak ngetok pring.." judule opo yo,aku lali jee.
salam kenal kanggo kabeh ae..penggemar kartolo

Balas Komentar Ini
Levi AIK, S.Pd pada September 19, 2008 1:17 PM menulis:

Kagem Mas Ario,

Mas, Saya juga suka lho Ludruk Kartolo Cs, dulu saya sering dengar di Radio. Ludruk Kartolo sering menemani saat ujian saya.
Bagaimana ya cari kaset2nya???? jdi kangen nih mendengarkan lagi.Masak hilang sih itu termasuk kebudayaan yang harus dilestarikan. :D :D

Balas Komentar Ini
Tandy pada October 1, 2008 8:45 PM menulis:

只需10元,就能让你的广告遍布各个网站!
支持图片/超链发送!支持分类/地域网站发送!

10元,就可能换来意想不到的效果,为什么不尝试下呢!
QQ:224549200(注明“广告”)

Balas Komentar Ini
didiksutrisno pada October 14, 2008 8:06 AM menulis:

mas aku pingin gending jula juli download nya gimana

Balas Komentar Ini
Bang Kumis pada October 28, 2008 2:12 PM menulis:

Kartolo cs..?? inget waktu Bang Kumis SD nih..wakakak..

Balas Komentar Ini
purnomo pada November 5, 2008 7:00 PM menulis:

Saya mantan pemain dan ketua ludruk. Saya rindu bertemu teman - teman lagi untuk tonil bersama di lapangan desa. Namun setiap ngurus ijin pasti ditolak karena pentas di lapangan sering dihiasi dengan tawuran. Pemuda sekarang terlalu banyak yang kopler, ngawur, dll sementara the police tidak mau berbuat. Andaikan pentas-pentas di lapangan masih damai seperti beberapa tahun silam, saya akan organisir kembali ludruk "Mahkota remaja" dan pentas terbuka + gratis di lapangan desa Barang Kec. Panggul Trenggalek.

Aryo:
Memang pak, ada pergeseran tata cara pergaulan anak muda sekarang *keluh*

Patut disayangkan juga minat dalam kesenian bangsa sendiri semakin menurun.

Balas Komentar Ini
Robiyanto pada November 12, 2008 12:10 PM menulis:

Mas saya adalah maniak kartolo. Saya pingin punya koleksi kartolo lengkap, tapi kalau download agak lama dan kadang2 tidaklengkap. bagaimana cara mendapatkan cd mp3nya sih. kalau bisa kirimkan ke alamat saya : Robiyanto, SMPN 1 Kunir Jln PB Sudirman 01 Kunir Lumajang 67383 atau jika berkenan kirim ke Email saya

Balas Komentar Ini
nanang sigit pada November 14, 2008 10:59 PM menulis:

Aq isih kepingin ngrungokne guyonane ndek radio daerah Surabaya. Nek isok saben bengi, gawe pengantar turu.

Balas Komentar Ini
Ki Demang Bodhong pada December 11, 2008 4:29 PM menulis:

cak aryo, peyan asli endi kok isih ono toa ning acarane ngantenan. opo peyan teko wong kulonan ?
==> cak piye ccarane donlot kartolo e ?
thang yu

Balas Komentar Ini
cak reman donowati pada January 28, 2009 8:47 AM menulis:

cak tonggo dewe nyopo kapan diadakno audisi sawunggaling grub aku pengen dadi peneruse cak sukur2 pinter koyo sampeyan .iyo cak keopo nek donlod lawakane iku aku lo wis kebelet ngrungokno tumpeng maut iwak endoke welut.bravo cak matur suwun pengeran sing balas cak

Balas Komentar Ini
cak iyech pada January 30, 2009 5:50 PM menulis:

cak ...riko buka website gok tommy dengan alamat :http//bog.tommybudiawan.com,onok 71 judul..monggo gok

Balas Komentar Ini
yurie pada March 5, 2009 4:53 PM menulis:

Update link download Kumpulan Koleksi Kartolo CS All in One :
http://www.tommybudiawan.com/kartolo

sumonggo.. :D ;)

Balas Komentar Ini
masanas pada April 1, 2009 12:50 PM menulis:

weleh.....lucu tenan cak..........
tapi kepiye to cak carane download,,,,,? la...kok angel temen ndownlod te...!
terang no cak carane download ludruk iki...
suwun..........

Balas Komentar Ini
cak pada April 21, 2009 8:18 PM menulis:

Kalau mau download atau langsung didengerin bisa mampir di blog ini http://kartolo-mp3.blogspot.com/2009_04_01_archive.html
Insya Alloh diupdate terus :)

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada April 21, 2009 9:41 PM membalas cak:

Kebetulan yang ditampilkan di situ saya sudah punya semua. Saya masih penasaran sama lakon "Makelar Losmen", saya cuma punya side-A, masih nyari yang side-B.

Balas Komentar Ini
blogger senayan pada June 10, 2009 10:10 AM menulis:

salam kenal
tukeran link yuuuuuuu

Balas Komentar Ini
Cak Mad pada June 27, 2009 9:29 PM menulis:

Terima kasih banyak Mas, atas Upload MP3 nya Kartolo Ludruk, grup lawak favorit masa kecil :))

Balas Komentar Ini
osamah pada July 27, 2009 9:47 AM menulis:

kulo nuwun mas,,,,,
sepurane mas, mbok menowo ono seng duwe tembang jawatimuran mbok yo aku di paringi :
- seng lagune Suroboyo kotane jawa timur cacahe.... suro wani boyo pembelo sejati.....
biasane sak durunge ludruk RRI dimulai...
- terus Murah sandang pangan seger kewarasan ....
biasane nang acara pertanian rri suroboyo...

yu painten ketatap cendelo, cekap semonten piatur kulo......

Balas Komentar Ini
osamah pada July 27, 2009 9:47 AM menulis:

kulo nuwun mas,,,,,
sepurane mas, mbok menowo ono seng duwe tembang jawatimuran mbok yo aku di paringi :
- seng lagune Suroboyo kotane jawa timur cacahe.... suro wani boyo pembelo sejati.....
biasane sak durunge ludruk RRI dimulai...
- terus Murah sandang pangan seger kewarasan ....
biasane nang acara pertanian rri suroboyo...

yu painten ketatap cendelo, cekap semonten piatur kulo......

Balas Komentar Ini
galuh pada August 1, 2009 7:08 AM menulis:

Kang, maaf saya banyak nyotek materi blog anda di blog saya. Maka mohon ijin buat link kesini, nggih?
(Sebelum ada ijin tertulis, saya belum berani ngelink) Saya juga ada beberapa file cak kartolo, basiyo, kirun, surya group, edy gudel, gepeng srinulat, Ketoprak mataram, ketoprak MP3, wayang kulit, puisi dll. Kalau kersa pinarak saja ke http://apdnsemarang.wordpress.com/ Tapi mohon ninggal comment biar saya tahu kalau njenengan sudah rawuh.
Jika boleh, saya mau matur masalah web. Aku gak begitu mudeng.........
Matur Nuwun

Balas Komentar Ini
galuh pada August 10, 2009 10:16 PM menulis:

nyedhot kartolone, kang
Saya banyak teman di Demak. Raden Patah segala, saya kenal.
Kapan-kapan tak mampir
Salam

Balas Komentar Ini
3stan pada August 15, 2009 1:01 AM menulis:

Saya MANIAAK BRAAT dgn kartolo CS (sawunggaling grup)khususnya dgn Cak Bajul Hahaha...Cak Baskom Hohoho...Cak Basman! kemanapun saya pergi kaset kartolo gak pernah lupa, bahkan ketika sy kuliah n kerja di bbrp negara schengen di Europe, saya bawa semua kaset kartolo sy yg kala itu koleksi masih berjumlah 26 an, dan tiap malam/waktu sengang sy putar sambil cekikikan sendiri di dormant house sampai teman sekamar sy yang orang bule pada mengira sy 'turn to go insane', but yeaah...aku tergendeng-gendeng karo kartoloan. Tp saiki aku wis donlot mp3 kartolo dadi saiki luwih praktis tinggal di save nang laptop lan iso cengengesan maneh nang ndi ae. Oh Ya sy dapat info kalo Kartolo CS mau merekam album baru lg setelah 12 tahun vakum bersama 3 anggota baru sbg pengganti rekan2 yg sdh almarhum, yaitu: Cak Kobar, Cak Totok & Cak Suko Widodo . For diehard kartoloan,just wait n see...

Balas Komentar Ini
hori pada August 18, 2009 3:11 PM menulis:

kalau caranya download mp3nya sukur dimana ?

Balas Komentar Ini
armin pada August 29, 2009 1:03 PM menulis:

bagus juga sih..Tapi ko untuk pembelajaran anak Sekolah Dasar ko kita musti cari lagi...gmna untuk pengembangan anak bangsa...

Balas Komentar Ini
gilang pada September 18, 2009 10:02 PM menulis:

ak juga penggemar kesenian suroboyo lho cak....nek donlot mp3 nya di mana ???? kasih tau ya???!!!!

Balas Komentar Ini
tukang sapu radio pada September 28, 2009 6:04 PM menulis:

Langsung ke TKP ndan..... soale pingin ngoleksi ludruk juga, ben gak ilang jawane. Maklum nang tanag sabrang.

Balas Komentar Ini
mbah klanting umbul2 pada October 1, 2009 9:04 PM menulis:

Cak..nek onok sing duwe lagu,sing lirike kurang luwih ngene..."murah sandang pangan,seger kuarsan.." Lagu iki sering diputert nang RRI..tulung smpyan kirim nang emailku tjonk_utama@yahoo.com...Sakderengipun matur nuwon sanged... [-O

Balas Komentar Ini
arfah pada October 19, 2009 3:15 AM menulis:

moga Mbah Kartolo di kasih umur panjang...sukses :)

Balas Komentar Ini
sehatno pada December 9, 2009 8:26 PM menulis:

cak... aku yo jaluk lagune pembuka siaran pertanian nang rri surabaya "murah sandang pangan" email ku sehatno@yahoo.com
suwun.....

Balas Komentar Ini
ismoyo pada December 27, 2009 7:15 PM menulis:

ludruk cak kartolo cs...tombone stress

Balas Komentar Ini
Setiyono pada January 2, 2010 1:03 AM menulis:

Wuih keren dah pokoknya... salam kenal ya bos dari nak jogja..... Sugeng warso enggal....


Setiyono
Informasi Dan Bisnis
http://setizone.co.cc

Balas Komentar Ini
Satria pada January 4, 2010 9:00 AM menulis:

Blog yang satu ini memanjakan penggemar Kartolo cs, Luengkap sa' crita, luengkap sa' maine, tiap minggu diupdate selalu http://kartolo-mp3.blogspot.com
Blog yg memnajakan penggemar Kartolo Cs :)

Balas Komentar Ini
bamb_st pada March 3, 2010 10:02 AM menulis:

Jangan hanya jawa timuran mas, lengkapi juga dengan ngayogyakartanya, download dagelan mataram basiyo di:
http://bambsolution.tk
untuk melestarikan budaya jawa. Banyak judulnya dalam format audio yang cukup jernih :

1. BASIYO - BAJUL BUNTUNG
2. BASIYO - BAKUL GUDEG
3. BASIYO - DADUNG KEPUNTIR
4. BASIYO - DEGAN WASIAT
5. BASIYO - GADON GUYON
6. BASIYO - GANDRUNG KEPENTHUNG
7. BASIYO - GANDRUNG
8. BASIYO - GATUTKACA GANDRUNG
9. BASIYO - IMPEN DARA DASIH
10. BASIYO - JAKA BODHO
11. BASIYO - KAPUSAN
12. BASIYO - KIBIR KEJUNGKIR
13. BASIYO - KODOK MUNGGAH KEBO
14. BASIYO - KRONCONGAN
15. BASIYO - MBARANG WIRANG
16. BASIYO - MBECAK
17. BASIYO - MBLANTIK
18. BASIYO - MENANG LOTRE
19. BASIYO - MIDANG
20. BASIYO - NGEDAN
21. BASIYO - NGLIRWAKNE DAWUH
22. BASIYO - NYAKOT KEBRAKOT
23. BASIYO - PAK DENGKEK
24. BASIYO - PALARAN JENGGLENG
25. BASIYO - pANGKUR JENGGLENG
26. BASIYO - POPOK WEWE
27. BASIYO - SAM PEK IN TAY
28. BASIYO - SEMAR MESEM
29. BASIYO - SEPATU SANDAL
30. BASIYO - SI KOJEK DILARIKAN BABU
31. BASIYO - TOPO BISU
32. BASIYO - TUWO TUWAS
33. BASIYO - UYON-UYON GUYON
34. BASIYO - WAJIK KLETHIK
35. BASIYO - JATUH CINTA
36. BASIYO - KE JAKARTA
37. BASIYO - AJA DUMEH
38. BASIYO - PARI BENGKONG
Sugeng midangetaken.

Balas Komentar Ini
Ludruk Marsudi Laras pada August 20, 2010 11:13 AM menulis:

siip....lestarikan budaya indonesia :)

Balas Komentar Ini
widi pada March 7, 2011 10:58 AM menulis:

Aku pengen banget download ludruk e Kartolo cs, piye carane cak? Samean jare akeh koleksi ludruk e Kartolo cs.Iso gak nulungi aku piye carane download e?
Masiyo aku teko cilik wis nang Jakarta, tp aku tetep wong Suroboyo. Aku lahir nang Suroboyo cak...
Pertama kali ngrungokno ludruk Kartolo cs iku sing judule Kuro Kandas, jamane sik nganggo kaset.Durung onok CD.
Suwun lan salam kenal ae...

Widi
:)

Balas Komentar Ini
gajah_pesing pada May 17, 2011 10:18 AM menulis:

izin menggunakan foto-nya, trims :D

Balas Komentar Ini
joko nuryatim pada August 19, 2011 4:46 PM menulis:

yo cak aku yo podo ae seneng laro lodrok e , he gak ngunune lo pean iku kok iso eroh cak kartolo brng >:D

Balas Komentar Ini
Rudicobain pada November 19, 2012 12:55 AM menulis:

,,,,kabeh wis lengkap iki kartolo cs garek sak judul thok
wong belangkonaaaaaaaaaaaaannn,,,,,

nek ono sg ngerti Share yo*_* jok lali rek

Balas Komentar Ini
Satya pada December 24, 2012 1:59 AM menulis:

cak Kartolo cs juga pernah tampil di TVRI Jawa Timur pertengahan tahun '80-an, semoga TVRI Jawa Timur masih sudi memutar ulang rekamannya sebagai acara nostalgia.

Semoga....

Balas Komentar Ini
heri adiono pada January 15, 2014 3:33 PM menulis:

wong blangkonaaaaannn....iku kuro kandas pak lik tinggal pesen dvd mp3 ke pakde nono bayar 50rb udah termasuk ongkir dan kaset dvd nya wes manteb ada lebih dari 70 judul ludruk kartolo cs..kumplit tenan ws..

Balas Komentar Ini
Agus techno pada February 1, 2014 12:29 AM menulis:

Cak..dulur2 kabeh..aq melu gabung yo..aq pengen ngusulno gawe komunitas cak kartolo cs fans club..piye cak..soale aq kaet mbien pengen guyon bareng karo podo2 penggemare cak kartolo..asyik paleng cak..aq yo wes koleksi kiro2 35an judul..tapi sek kurang lengkap cak..lek vaforitku seng judule "kriwikan grojogan"..dek kono cak munawar kurang ajar..lucuu temenan cak..hahaha...
yo es..matur sembah nuwun dulur2 kabeh..!
ayo kembang sentul..aq ngalor riko ngedol....wkwkwk

Balas Komentar Ini

Isi Komentar




  Isi Smiley


Pencarian

Komentar Terbaru

April 2014

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi