Kampanye Dengan Stiker

Posted by Aryo Sanjaya, 27 Jan 2011

skrinsut.jpgSudah cukup lama saya "memerangi" pengendara kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, yang mengendara sambil menggunakan HP a.k.a ponsel. Entah itu ber-sms, ber-telpon, ber-bbm maupun ber yang lain.

Biasanya saya tegur dengan baik-baik, namun jika diabaikan maka klakson dan tatapan mata menjadi penegasan.

Rasanya sudah banyak kasus yang membuktikan adanya kecelakaan dan bahkan kematian sia-sia gara-gara keteledoran menggunakan HP sambil berkendara. Yang saya ketahui saja ada banyak, terlebih lagi jika digabung dengan yang anda ketahui.

Menurut saya pengendara yang sambil menggunakan HP telah melakukan tindakan bodoh, sebab lalai dengan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Nah, dengan kebodohan tersebut, malah ditambah lagi dengan berkurangnya konsentrasi saat berkendara. Meskipun orang tersebut tidak bodoh, namun dengan kelalaian tersebut terjadilah kombinasi antara bodoh dan tidak konsentrasi.

Harus kita tolong.

Saat ini pemerintah telah mengatur hal tersebut dalam Undang-undang No. 22 tahun 2009. Namun sayang masih belum secara eksplisit melarang penggunaan HP, hanya secara implisit saja, yang mana masih belum mengena di hati masyarakat kita yang senang berasumsi.

Yang lebih disayangkan lagi adalah ketegasan penerapan di lapangan. Masih begitu banyak beredar pengendara motor yang sambil menggunakan HP.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah polisi yang hanya sekitar 1.5 juta personel, sangat berat jika harus menjaga 240 juta manusia Indonesia. Belum lagi tidak semua polisi bertugas menjaga lalu lintas.

Jika dipaksakan semua polisi harus menjaga jalanan, maka siapa nanti yang menjadi tukang pukul pengusaha, menjadi eksekutor dan alat politik penguasa, menjadi bekingan kaum berduit, dan pelindung bagi para koruptor?

Jika polisi tidak menjadi alat seperti tersebut di atas, mau jadi apa negara kita? Jangan-jangan Indonesia nanti malah menjadi negara kaya yang makmur, yang bebas korupsi dan mafia hukum.

Karenanya, jangan ganggu kerja polisi seperti di atas. Mari kita berusaha sendiri menjaga agar kita, keluarga kita, teman kita dan siapa saja, agar selamat dalam setiap perjalanan.

Dalam beberapa hari ini gelora kampanye sedang berkumandang di milis BloggerNgalam, dan stiker hasil desain dari juragan Rony Lantip sedang dibagi-bagikan.


Kampanye Safety Riding

Jika anda hendak ikut serta melakukan kampanye, silakan cetak stiker ini, atau pasang di facebook, blog, atau media apapun untuk mensyiarkan kampanye ini.

Demikian, salam safety riding.


No Comments