Kebanyakan Muatan

Posted by Aryo Sanjaya, 20 Apr 2008


Persaingan provider seluler di Indonesia menurutku sudah semakin ngawur saja. Bukan masalah iklan yang saling serang (gak dewasa banget) dan harga yang semakin semrawut (selalu ada yang disembunyikan), namun yang lebih ngawur lagi adalah pada kesiapan infrastruktur mereka.

Dengan iklan yang berusaha menarik sebanyak mungkin pelanggan, namun tidak diimbangi dengan kesiapan jaringan. Ibarat kondektur bis yang menaikkan penumpang sebanyak-banyaknya, tidak perduli penumpang yang kejepit berdiri berdesakan di dalamnya. Parah.

Karena aku menggunakan produk Indosat dan Telkomsel, jadi hanya 2 provider itu yang aku bandingkan. Namun tidak menutup kemungkinan provider yang lain juga sama parahnya.

Mentari dan Im3, untuk melakukan dialing saja sulit todemax *hei, istilah ini sudah lama ndak muncul*
Saat dial selalu diawali error: Network busy. Dibutuhkan lebih dari 10 kali dial untuk melakukan panggilan. Bayangkan saat itu sedang berusaha menelepon dukun bayi.

Begitu juga saat menerima panggilan. Ibuku sering protes kenapa ditelpon sulit sekali, sedangkan menelepon ke operator lain mudah. Padahal kita sesama pengguna Mentari, dan aku selalu berada di wilayah dengan sinyal kuat Indosat.

Itu baru 2.

Yang ketiga adalah soal bonus pulsa 5000 setelah pemakaian 5000, seperti pernah aku bahas di sini. Akhir-akhir ini semakin sering mengganggu saja, it's annoying. Seringkali saat sedang berbicara penting, mendadak terputus. Diulangi lagi juga sulit.

3 itu aja dulu, sebenarnya masih ada yang lain lagi sih.

Untuk nomor Simpati, mestinya ada kelemahan juga, namun tidak aku jabarkan di sini karena sekarang sedang menunggu kedatangan kiriman kaos dari Telkomsel.

*berlalu*


Filed in , ,

10 Comments

telkomsel suda nurunin tarif tapi sinyal masih baek-baek aja kok. ga kayak im3 klo nelpon tiap 10 menit putus. trus xl network busy mulu. flexi uda pke yg classy juga sinyalnya byar pet. axis gprsnya putus2 mulu.
jadi tetep. hidup telkomsel.

Aryo:
Yoih, BRTI dan YLKI mestinya bertindak, jangan biarkan pelanggan menjadi korban kerakusan provider.

hmmm, berasa di milis Telkomsel ;))

Aryo:
kasihdaah...

Postingan ngarep kaos :-"

tetep setia sama telekomsel
:d
tuban ada 3gnya lho...
lainnya beloom..........
jadi pingin pake flash kayak jauhari
:D

postingan ini bisa kali diforward ke YLKI, tapi pake atas nama sopo?

#Anton: Ya nama yang punya blog lah ;))

katanya mau membandingkan 2 provider, Indosat dan Telkomsel. tapi kuk yang dibahas cuma 1. huhuhu... ;))

Secara saya *ah sudahlah

@dian:
Telkomsel itu
- tarif super mahal
- corporate spammer, sering banget SMS promo berkedok sender telkomsel/simpatizone. Mo berhenti jd member simpatizone? Silahkan ke grahapari. Wat!!! padahal pas daftar ga perlu kesana.
- gprs mayan lah, better than isat & xl. kecuali masalah error "https not supported" saat browsing ke gmail. Apa wap proxy telkomsel menolak protokol https karena sniffing nya ngga sukses!! entahlah, klo mo lancar, matikan proxynya.
- coverage lumayan

asline aku yo arep kasi komentar..tapi wedi ambe keris nogo sosro ne heheheh lek teh botol sosro aku mau :-)