Assholihatu Lissholihin

Posted by Aryo Sanjaya, 13 Dec 2007

Sudah beberapa lama aku menggunakan judul itu sebagai status di Yahoo! Messenger, di GTalk, di signature email, maupun di shoutout-nya Friendster. Hasilnya..., banyak sekali yang penasaran dengan artinya. Hehehe.

Karena cukup merepotkan menjawab satu per satu *ehm, kayak apa aja* maka aku tuliskan penjelasannya di sini saja, semoga bisa memperjelas apa yang belum jelas.

Assholihatu Lissholihina, "wanita sholehah adalah untuk laki-laki sholeh juga"

Tidak pernah dengar?

Mosok sih? kurang gaul kale :D

Sebenarnya aku tidak yakin dengan struktur kalimat arabnya yang sebenarnya, maklum, ilmu Nahwu dan Shorof-ku dapat nilai D.
Kalimat itu sendiri aku rangkai dari komentar oleh Vonk di Istri Sholehah, dan aku gabung dengan beberapa pengertian yang aku dapatkan sebelumnya.

Tentu saja banyak yang tidak setuju dan tidak sepaham dengan 'konsep' itu. Beberapa komentar yang masuk:

Dan banyak lagi komentar nyeleneh dan gak nyambung lainnya, hihihi.

Ok, namanya saja buah pikiran manusia, jika berangkat dari landasan yang berbeda, persepsi yang berbeda, kemungkinan besar kesimpulannya juga berbeda.

Kalau buat aku, pengertian yang aku ambil adalah: "jadikan dirimu sholeh terlebih dahulu, sebelum ngotot berusaha untuk mendapatkan wanita sholehah"

Makanya aku bahas di sini, selain untuk share, juga sebagai usaha untuk mendapatkan masukan dari dunia luas :)

Dalam Al-Quran juga ada mirip seperti itu, meski tidak sama persis:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُوْلَئِكَ مُبَرَّؤُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)" (An-Nur: 26)

 

Filed in , , and tagged

13 Comments

Mantep Mantep...

Makin langka saja orang orang soleh jaman sekarang ya mas.

Tiap kali ketemu yang luarnya baik, tapi dalamnya belum tentu baik.

Saya setuju. Sudah banyak terbukti soalnya. :)

errrr.....


gak jadi komen ah.. :D

@vnz: ya, saya tau. kamu cuma cari pria soleh...

sempat penasaran jg sih pgn tau artinya, sampe nanya ke temen..
setuju!! untuk mendapatkan seseorang yang bener,qt harus jd orang bener dulu. gak adil kan kalo qt pengen sesuatu yg bener tapi gak melakukan sesuatu yg bener. bener niatnya, jalannya (prosesnya) dan insya Alloh bener hasil akhirnya...

menunggu ada cewek berbaik hati memperbaiki dirinya(cowoknya) gimana?

@ gum : merasa baek ya bwt vnuz?

memang orang baik pastinya yang baik, yang soleh pasti dapetnya soleha,tapi kapan dapetnya kalo gue dah soleh:D?jgn syirik karena syirik sifat syetan, jadi kalo syirik jangan deketin syetan,karena syetan punya sifat syirik,wah jadi pusying sendiri nich???

Aryo:
Minum panadol biar hilang pusingnya, hihihi *sepam*

ngomong-ngomong yang di Friendster nulisnya agak keliru. Assholitau lissholihin bukan assholihatu

koq piss....

o... ini toh sumbernya...he3x...

kalo orang2 jawa kuno bilange "wong sing apik, oleh bojo sing apik" ya kurang lebih orang yang baik-baik dapat istri yang baik-baik juga..

Aryo:
tepat sekali


bener sakali mencari wanita yang soleh n setia susah banget...