Perbarui Blog Engine

Posted by Aryo Sanjaya, 17 Jul 2007

Sekian lama absen dari dunia blogging *weleh, belum juga ada 2 minggu* sudah banyak yang menanyakan kenapa blog ini gak pernah diupdate lagi. Jawabanku simple: lagi error

Syukur kalo yang aku jawab begitu menganggap yang error itu blognya, lha kalo dikiranya yang error itu aku? lak kasian aku.

Anyway, blog ini baru saja diperbarui engine-nya *bukan ganti engine*. Rencananya memang akan ganti ke Wordpress, tapi sayang desainer yang menjanjikan konversi desain mahesajenar.com ini menjadi themesnya Wordpress sedang sakit tipes, radang paru-paru dan menderita pikun, ninggalin motornya di parkiran dengan kunci masih nempel.
Alasanku kenapa berencana ganti engine ke Wordpress juga tidak begitu jelas. Mungkin berasa aneh saja, berdiri di antara blogger laen yang pake Wordpress. (padahal seharusnya bangga bisa tampil beda).

Hal lain, rewelnya engine Movabletype yang dipake sekarang ini juga menjadi penguat niat untuk itu. Sudah banyak sekali keluhan dari pengunjung yang merasa kesulitan kalo hendak mengisi komentar. Yang error ini lah, error itu lah, dan lah lah yang laen.

Ya, bedanya dengan blog engine yang lain, model yang digunakan di sini adalah static content, dimana setiap konten disimpan kedalam file HTML yang statis. Sehingga kalo ada komentar atau perubahan, maka perlu dilakukan lagi proses 'generate' menjadi file statis. Hal ini yang menyebabkan lambat dan beratnya proses commenting di blog ini.
Ada sih disediakan fitur dynamic publishing, yang sifatnya seperti blog engine lainnya, yakni menyimpan semua perubahan dan komentar ke database dulu, kemudian membacanya lagi serta menampilkan secara on-the-fly saat content dibuka. Tanpa melalui proses generate.

Tapi beberapa kali aku coba merubah ke dynamic publishing, malah selalu error dan tampilan desainnya berbeda dengan yang statis. Fiuh.

Meski begitu, ada kepuasan tersendiri saat bisa otak-atik scriptnya kalo ada error. Jadi selain tampil beda, taste dari blog ini sudah 'gue banget'. Makanya masih tetap aku pertahankan. Yang komennya error biarlah error.

Baru-baru ini engine Movabletype mengeluarkan versi 4, tapi masih beta version. Yang aku pake sekarang ini versi 4 Beta 6. Masih banyak errornya, pasti. Namun banyak sekali fitur baru yang ditambahkan di versi ini, antara lain:

  1. Page (maksudnya itu ada fitur Page kayak di Wordpress)
  2. Ada Reply di tiap komentar (masih error, dianggap aku belum login kalo mau reply)
  3. Dashboard udah full Ajax dan tampilannya lebih gimanaaa gitu.
  4. Statistik pake Flash, kayak di Google Analytics
  5. Fitur Address Book
  6. Banyak plugin yang built-in
Masih banyak fitur lain, aku baru menjelajah beberapa bagian saja. Rasanya jadi gak sabar nunggu versi Release-nya.

Saat install versi beta ini sempat terjadi error (ya ya ya, error terus), padahal database terlanjur diupgrade ke versi 4, jadi tidak ada kemungkinan kembali ke versi 3.4 lagi. Padahal script enginenya tidak mau jalan sama sekali. Untung saja ada bantuan dari pihak hosting dari MasterWebNet. Sampe dibuatkan Knowledge Base baru untuk error ini. Makasih buat Om Steven.

Jadi, tetap bertahan dengan Movabletype. Pake Wordpress untuk yang aryosanjaya.net saja.

Bapak blog Indonesia juga pake Movabletype kok, meski dia betah dengan versi lawas, hihihi

Filed in , , and tagged

8 Comments

tapi sayang desainer yang menjanjikan konversi desain mahesajenar.com ini menjadi themesnya Wordpress sedang sakit tipes, radang paru-paru dan menderita pikun, ninggalin motornya di parkiran dengan kunci masih nempel.

Ma'af, benar-benar belum sempat, masih sibuk dengan terapi membuat sehat kembali badan.

LHo.. komenku kok gag keluar??

*Pasti yang punya Blog lagi Error.*

pindah pagi aja v, kayak yg punya blog. jadi sehat 'dikit' kan dianya.

kecuali erorrnya

menunggu aryopress-1.0

*baca title, trus komen*

ga ngefek....

informasi yang menarik, Trims.

wah BLOGnya Keren bangeeeeeet :) :)

Aryo:
Makasiy makasiy


mas,sy sudah buat tempalte buat blog, tapi saya bingung katanya harus di konversi kedalam blog engine,,caranya gimana??mhon bantuanya ya??thanks b4..