Forward Message

Posted by Aryo Sanjaya, 12 Oct 2006

Akhir-akhir ini aku semakin sering menerima kiriman forward message, atau chain message atau pesan berantai, dari Y!M (Yahoo! Messenger). Tidak ada masalah dengan hal itu sih, toh aku tidak rugi apa-apa. Paling juga rugi waktu beberapa detik untuk membaca isinya, dan langsung tekan tombol ESC.
Selesai.

Secara keseluruhan isinya tidak ada yang penting. Ada pesan yang positif seperti ucapan Selamat menjalankan puasa, doa-doa, hikmah pagi, dll.
Untuk doa dan hikmah pagi, terima kasih buat Rahma yang rajin ngirimi aku tiap pagi ;;)

Tapi selain pesan positif itu, kebanyakan pesan yang masuk adalah HOAX, berita palsu yang membuat si penciptanya tersenyum senang.

Yang aku sayangkan, di antara pengirim pesan HOAX tersebut adalah orang yang menurutku sudah lama berkecimpung di dunia internet, semisal temenku editor di kapan****.com, lalu desainer web di all*****.net, bahkan admin jaringan di sebuah perusahaan di Sidoarjo sana, dan beberapa webmaster situs terkenal.

Untuk pengirim yang aku kenal dekat, langsung aku 'bantai' saat itu ;))
Sedangkan untuk yang tidak aku kenal, tergantung mood saat itu. Kadang langsung aku tutup window msg-nya, atau kadang juga aku ajak ngobrol soal HOAX itu. Kebanyakan dari mereka cuma asal kirim, dengan alasan 'dapat dari teman', 'cuma meneruskan', 'buat jaga-jaga', 'gak ada ruginya', dll.

Berikut ini adalah beberapa HOAX yang masih sering masuk ke Y!M-ku:

Pesan 1:


seseorang dengan nama ongbak_5608@yahoo.com hendak menambahkan anda di YM..jangan diterima, itu adalah virus yg paling power. beritahu semua orang yang ada dalam list YM Anda, sebab jika mereka menambahkan maka anda juga akan mendapat virus tsb. Beritahu semua orang dalam list YM Anda untuk tidak membuka kiriman apapun dari cikoi_sons, ha5rul dan frenzck2. Nama2 itu merupakan virus yang berfungsi untu membunuh hard drive. Sampaikan surat ini ke setiap orang dalam list YM Anda. Klik kanan pada daftar group name dan klik Send Message to All

Itu jelas HOAX, dilihat dari bahasanya yang menggebu-gebu, dan isinya yang tidak logis. Misalnya benar, dengan menambahkan contact saja tidak bisa sampai mengeksekusi sebuah virus. Kecuali misalnya jika mengklik suatu link URL yang sekarang marak terjadi, karena dengan masuk ke URL itu, browser akan melakukan download sebuah aplikasi yang berisi virus.
Silakan lihat posting berikut ini.

Pesan 2:


Selamat hari persahabatan sedunia! kirim message ini ke sahabat 2x yg kamu sayangi, jika aku salah satunya kirim balik, lihat berapa banyak kau dapat balasan, kalo lebih dari 7 berarti U are lovable

Ini sih bukan HOAX, tapi proses pemborosan bandwidth Indonesia yang pas-pasan, dan pemborosan waktu masyarakat kita yang seharusnya dapat digunakan untuk hal yang lebih positif.

Buat apa sih meminta orang lain menyatakan sayangnya ke kita?
Kalau memang kita sahabat yang baik, tentu mereka akan tetap sayang. Silaturahmi dengan cara yang wajar dan alami justru lebih terhormat.

Lagian, hari persahabatan sedunia kan 6 Agustus, sedangkan pesan itu masuk tanggalnya sembarangan.

Pesan 3:


ati2 buat yg suka nonton di bioskop, liat2 tempat duduk, ada jarum yg ditaruh terinfeksi HIV, (sdh terjadi di medan n jkt) kasi tau yg laen..

Kalau ini aku gak yakin HOAX apa bukan, karena sama sekali gak ada referensi mengenai hal ini.
Tapi dari sifatnya yang 'provokatif', aku malah curiga adanya diskriminasi terhadap OHIDA.

Pesan 4:


Ada berita : Kiriman Emails dengan gambar Osama Bin-Laden digantung dan sesaat setelah anda membuka emails tsb komputer anda akan hancur dan anda tidak akan mampu memperbaiki lagi! Begitupun para Teknisi Sisfotel PKT ,maupun oleh Mcafee , Virus ini lah yang ditemukan oleh Mcafee kemarin, Jika pada baris email anda terdapat " Osama ditangkap Dimuati Peti " atau " Osama Digantung", jangan di buka . "Osama Bin Laden Captured" or "Osama Hanged", don't open the attachment. E-Mail ini sedang disebarluaskan melalui negara-negara di seluruh dunia ,tetapi sebagian besar di AS dan Israel. Beritakanlah hal ini sebagai Forewarning pada siapapun Yang anda kenal. Sekali lagi : TOLONG BERITAKAN HAL INI , PERINGATKAN DIANTARA PARA TEMAN, KELUARGA DAN KENALAN AND

Promosi Sisfotel?
Emangnya yang bisa perbaiki komputer cuman Sisfotel dan McAfee?
*Sigh*

Pesan 5:


katakan ini dengan pelan ,Ya Allah saya mencintai-MU dan membutuhkan-MU, datang dan terangilah hati kami sekarang...!!!" kirim ke 10 orang lihat keajaiban malam ini tolong jgn di hapus ini benar2 terjadi

Niatnya bagus, untuk mengingatkan manusia pada sang Pencipta. Tapi doa dengan tendensi keajaiban jelas kurang ajar. Emangnya Tuhan bisa direquest seenaknya? Ada yang namanya adab untuk berdoa.

Dan seingatku masih ada beberapa lainnya, bertebaran di arsip. Pesan-pesan di atas juga masih sering datang berseliweran. Cape deh.

Ada yang punya chain messages sejenis?

Filed in

14 Comments

emang ga ada ruginya....itu-kan sekedar info....btw, kok gag ikutan seperti mereka yg hobi memberikan info ? B-) ^:)^

Wah semua pesennya dah pernah masuk di YM!Qu tuh, blom ada lagi yah HOAX2 yg terbaru.. ;))

ati-ati nanti salah klik msg di YM bablas tuw password account yahunya

#rahma:
Aku ngasih infonya lewat 'media' lain, seperti blog atau artikel di webku.
Aku gak mau broadcasting semacam itu karena aku sendiri juga merasa terganggu jika kena broadcast. Kecuali jika sifatnya informatif, bukan HOAX atau chainned messaged.

#irene:
Maka dari itu, kasih tau HOAX yang laen dong, buat aku tampilkan di sini, biar lebih banyak lagi koleksi HOAX/chainned messages yang mestinya dimusnahkan.
Hajar HOAX!

Ancene aneh aneh wae kok wong urip kwi. Eneng wae sing di GAWE KISRUH... marai ngelu wis....

sabar aja, namanya juga bulan puasa, banyak cobaan .

hai hai hai hai hai

"hari ini pak Harto berulang tahun yg ke 85, sms bagi2 hadiah pulsa, sebarkan sms ini ke 10 hp lain akan terisi 150,000.aku sudah buktikan.cepetan cm 5jam.serius"

bwt balikin hasil korupnya dulu napa...

#jauhari:
Tinimbang ngelu, angur muter kartoloan, Pak Udin.

#ferdhie:
Sabar sih sabar, cuman kesel aja. *sama aja*

#arie:
Halah, moro-moro bengak-bengok ;))

#aik:
Itu sih via SMS, yang diuntungkan ya si operator.
Tapi emang termasuk HOAX, minimal termasuk chainned message :)
Masih ada yang laen?

gimana caranya nambahin sarana messages kayak gitu????
makasih sebelumnya

makasih ya atas informasinya.............. O:)

makasih atas informasinya....
saya sudah dapat yang kesekian kalinya dari teman saya...
:)

hi!
Currently, I'd like to conduct a small linguistic research about chain letter.

Say, could you help me by sharing some chain messages/email/phone message (that is written in English) to my
e-mail: anwi50@ui.edu
or
friendster: www.friendster.com/loysdk

Thx.
ps:this research will end at november 2008

uhm.., barusan saya juga dikirimi pesan seperti itu, barusan aja kok, FORWARD dari teman. Tapi gak takbales imel itu, ogah..hehehe..

Ok, thanks berat buat info HOAX-nya :-)