Kembali Setelah Tenggelam

Posted by Aryo Sanjaya, 10 Sep 2006

Beberapa hari yang lalu aku menerima pemberitahuan dari Hosting Providerku, yang menyatakan tanggal 7 - 8 September 2006 akan ada instalasi ulang server.

Yeah, wajarlah sebuah sistem mengalami proses maintenance, demi kestabilan dan peningkatan performance.

Tapi kok lama banget ya, sampai satu hari, dan bahkan lebih, karena baru tadi semua proses selesai secara tuntas. Tanggal 8 malam (tepatnya tanggal 9 dini hari), host server memang sudah online, tapi database masih belum direstore. Semua database masih kosong.

Yang mati ada 4 website, termasuk blog ini dan BengkelProgram, dan yang lebih urgent adalah emailku.
Meski semua emailku sudah Hosted di Google, tapi Name Server masih ikut Hosting Providerku, jadi kalo servernya mati, semua email tidak dapat diterima Google. Sehingga selama beberapa hari itu, semua email ke alamat webku gak tau nyampe di mana :(

Bukankah Name Server gak perlu diinstall ulang?
*maunya*

Aku membayangkan (dan membandingkan) dengan maintenance dari Google, yang jika melakukan proses perbaikan, muncul peringatan agar mencoba kembali dalam beberapa menit (sampai 15 menit kalo gak salah ingat). Tapi meskipun baru beberapa detik, atau tidak sampai 1 menit kita coba refresh ulang, sudah bisa berfungsi lagi.

Memang tidak bisa dibandingkan sih, tapi ... mungkin ada mekanisme agar proses maintenance dapat dipersingkat. Misalnya untuk install ulang server, bukankah server baru dapat diinstall di komputer lain, dan setelah proses install selesai, baru dilakukan swap.

Belum pernah mengalami, cuma membayangkan.

Ok, semoga semakin maju untuk Hosting Providerku. Eh, aku kapan bayarnya lagi? *lupa*

Filed in

2 Comments

welkom bek Jo

Emang Hosting dimana *clingak clinguk