CPNS SEASON

Posted by Aryo Sanjaya, 11 Feb 2006

Suasana yang berulang, tiap kali ada pembukaan kesempatan untuk menjadi CPNS, banyak rekan yang memfokuskan aktifitasnya untuk mengikuti lowongan ini. Baik itu yang masih belum ada kerja tetap (nganggur), sampai yang sudah bekerja.

Kebanyakan dari mereka berharap, dengan diterimanya sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), kehidupan mereka akan lebih terjamin, sekarang dan terutama masa tuanya. Dengan gaji yang konstan (stabil) dari negara yang tidak mungkin gulung tikar.

Tidak masalah meski kemungkinan untuk diterima adalah sangat kecil, toh tidak ada ruginya untuk berusaha. Ya, kemungkinannya memang sangat kecil, karena lowongan yang dibuka biasanya hanya beberapa saja, sedangkan peminatnya amat sangat banyak. Itu belum ditambah dengan kemungkinan dari para pesaing yang menggunakan jalur khusus, misalnya nepotisme atau memakai uang pelicin.
Meski Bapak SBY sudah giat memberantas KKN, tapi jalur khusus ini belum hilang sepenuhnya, karena seperti kata pak RT, yang memberi dan yang menerima sama-sama mau, dan ikhlas (mungkin).

Hari ini serentak dilaksanakan ujian masuk PNS di seluruh Indonesia, pada beberapa instansi pemerintahan. Ya, semoga semua rekan saya dapat diterima (mungkinkah?) :)

Entahlah, mungkin memang perbedaan prinsip atau sudut pandang, tapi secara pribadi saya tidak tertarik untuk masuk ke dunia pemerintahan. Atau mungkin karena karakter saya yang terlalu liar? (upss...)
Sedangkan PNS memiliki protokol dan aturan yang baku. Kalau orang liar macam saya kena aturan seperti itu, daftar pelanggaran bulanan mungkin lebih banyak daripada slip gaji saya :))

BTW, beberapa waktu lalu sempat diberi kesempatan oleh 2 instansi pendidikan negeri di Malang, untuk menjadi PNS tanpa lewat pendaftaran, asal mengajukan permohonan saja. Hmm... tapi karena berbagai pertimbangan dan masukan dari Ortu dan Camer, akhirnya kedua tawaran itu tidak bisa aku terima.

Yah, semoga segalanya menjadi lebih baik!

Filed in

1 Comment

CPNS hmmm...
Aku juga tidak tertarik sama sekali untuk jadi PNS, padahal kerjanya enak banget. Seperti makan gaji buta.