July 2, 2009

'Ismat

Seringkali ketika kita memiliki suatu maksud, namun saat akan melakukannya mendadak adaaa saja yang menghalangi.

Misalnya: hendak ke pasar, mau naik motor tetapi bannya kempes, mau bawa mobil tapi sedang dipakai yang lain, mau naik angkot tidak ada sama sekali yang lewat, dan seterusnya, seakan-akan ada 'konspirasi' yang bermaksud membuat kita tidak jadi berangkat.

Atau yang lebih simple, saat hendak menuju suatu tempat, ke hotel misalnya, tapi ketika waktunya belok, kita lupa sama sekali kalo mau ke situ. Setelah beberapa lama baru ingat bahwa tempat tujuan sudah terlewati.

Dan banyak lagi hal-hal yang tidak kita sadari telah melakukan atau tidak jadi melakukan.

Menurut guruku, hal tersebut dinamakan 'ismat, adanya kuasa di luar kita yang melakukan intervensi, dalam rangka memberikan perlindungan dari hal yang tidak kita sadari.

Sebagaimana penggalan dalam doa sholat Dhuha:

... و العصمة عصمتك ...

... dan perlindungan itu adalah perlindunganMu...

Masalahnya, kadang persepsi kita yang salah menyikapi 'ismat ini.

Lanjutkan membaca "'Ismat" »

June 24, 2009

Pro Kontra Imunisasi

Mungkin pro dan kontra ini sudah berlangsung lama, namun baru kali ini aku coba concern about it *mbuh opo artine* karena waktu mengharuskan demikian.

Dari beberapa rekan yang rupanya anti imunisasi, dengan berbagai argumen menentang adanya imunisasi, mulai menyatakan bahwa vaksin terdiri dari unsur haram (ibab), lalu adanya pendholiman pada anak, juga adanya alternatif yang lebih sehat dari imunisasi, yakni madu.

Sebagai orang tua yang ingin hal terbaik untuk anaknya, hal ini harus dicermati dengan bijak. Segala kemampuan dikerahkan.

Melalui googling, semakin terkuak betapa pro dan kontra ini berlawanan dengan telak. Argumen, kisah, kepercayaan, keyakinan, dan bermacam istilah medis yang belum pernah terdengar sebelumnya, berseliweran menghiasi pro dan kontra ini.

Masih ragu, akhirnya bertanya ke ahlinya: para dokter.

Lanjutkan membaca "Pro Kontra Imunisasi" »

June 17, 2009

Daun Jarak

Berbagi informasi buat para orang tua yang bayinya mengalami perut kembung akibat masuk angin. Gunakan daun jarak yang telah dibersihkan (bukan dicuci) dan diolesi minyak telon, tempelkan di perut bayi selama beberapa jam.

jarakpagar.jpg

Dulu di desa sering banget ketemu dengan tanaman ini. Biasanya kalo musim hujan, kita patahkan pucuk dahannya, lalu ditempelkan di bagian belakang sepeda pancal, agar genangan air di jalan tidak nyiprat ke punggung.

Di kota agak sulit mencarinya. Namun berhasil menemukannya di kebun belakang perumahan. Ada juga sih tanaman ini di kuburan, tapi perlu lebih berhati-hati transaksi sama penunggunya. Kalo di kebun, cukup ditukar dengan uang Rp. 1.000 :D

Naza sudah beberapa kali terkena perut kembung, karena sirkulasi udara di rumah yang kurang bersahabat saat musim dingin tiba. Dan Alhamdulillah kembungnya reda dengan cara ini.

Yang mengherankan, daun yang sebelumnya masih seger, setelah beberapa jam ditempelkan di perut berubah jadi kering banget, layaknya habis dijemur di matahari. Weird.

Demikianlah.

*gambar diambil dari Tanaman Herbal

May 30, 2009

Ketika Facebook Diharamkan

Isu yang telah lewat, namun pertentangannya masih saja seliweran. Dan masih terlalu banyak yang melenceng dari pengertian yang sebenarnya. Coba masuk Google.com, lalu search "facebook haram", lebih banyak muncul yang kontra tapi ngawur daripada yang bener. Hmm, hanya di halaman-halaman awal sih.

Bahkan di ExtraVaganza barusan juga ikut terkecoh pada isu ini.

Tidak bermaksud latah membahas isu ini, namun gerah rasanya kalo belum menyumbang 1 suara di kancah dunia cyber ini :)

Ya, tidak seperti sebelumnya yang sering kita dengar di media, bahwa fatwa dikeluarkan oleh MUI, kali ini dikeluarkan oleh pesantren. Pertemuan antar pesantren tepatnya, yang secara rutin mengadakan Bahtsul Masail (diskusi keagamaan khas pesantren) di Lirboyo, Kediri.

Bahtsul Masail ini sering membahas mengenai hal-hal yang terjadi di masyarakat. Salah satunya mengenai media internet. Dan Facebook hanyalah contoh.

Tidak ada pengharaman pada Facebook.

Lalu, darimana isu itu dimunculkan? Jawabnya hanya 1: kebablasan media.

Lanjutkan membaca "Ketika Facebook Diharamkan" »

May 20, 2009

Upgrade Hardisk

Beberapa bulan terakhir ini aku sering direpotkan oleh si MacBookPro (MBP) yang selalu kehabisan space. Kapasitas HDD 120GB sudah tidak cukup untuk menampung data selama 2 tahun. Ya, meskipun definisi 'cukup' memang subyektif sekali. Gimana mau cukup kalo yang disimpan adalah koleksi MP3 dan film.

Jalan pintas selain menghapus isi HDD adalah dengan membeli HDD baru. Dengan kapasitas yang lebih besar tentunya, namanya juga upgrade.

Namun tidak mudah mencari HDD yang lebih besar (pinginnya sih 500GB), yang dimensinya pas dengan ruangan dalam MBP. Menurut info dari milis, untuk MBP menggunakan HDD 2.5" SATA dengan ketebalan 9.5mm. Nanya kesana-sini tidak menemukan yang sesuai kriteria tersebut. Malah 2 kali nanya ke salah satu toko online besar di Indonesia, jawabannya selalu: "pake external hardisk saja pak". *cpd*

Mentok di Indonesia, akhirnya mencari di eBay, dan ketemu spec yang sesuai persis.


Lanjutkan membaca "Upgrade Hardisk" »

Halaman: « 4 5 6 7 8 9 10 [11] 12 13 14 15 16 17 18 ... 87 »

[depan]

Pencarian

Komentar Terbaru

April 2017

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi