« Mengurus NPWP | Depan | Patuh Pada Guru »

Cewek atau Cowok?

Ketika terjadi dialog bersama ibu hamil, peringkat teratas adalah pertanyaan tentang "bayinya cewek apa cowok?", dengan sebelumnya didahului pertanyaan pembuka "sudah berapa bulan?".

Pertanyaan tersebut wajar saja, sebab itulah sebagian kecil dari misteri alam rahim yang dapat diketahui oleh manusia, meskipun hanya berdasarkan kira-kira. Sebagaimana firmanNya:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. (Luqman: 34)

Al Hadits:

Telah menceritakan kepada kami Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan beliau adalah yang selalu benar (jujur) dan dibenarkan. Beliau bersabda (yang artinya) "Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan kejadiannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nuthfah. Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga (40 hari). Kemudian menjadi gumpalan seperti sekerat daging selama itu pula. Kemudian diutus kepadanya seorang Malaikat maka ia meniupkan ruh kepadanya dan ditetapkan empat perkara, ditentukan rezkinya, ajalnya, amalnya, sengsara atau bahagia. Demi Allah yang tiada illah selain Dia, sungguh salah seorang di antara kalian ada yang beramal dengan amalan ahli Surga sehingga tidak ada di antara dia dan Surga melainkan hanya tinggal sehasta, maka telah mendahuluinya ketetapan takdir, lalu ia beramal dengan amalan ahli neraka sehingga ia memasukinya. Dan sungguh salah seorang di antara kalian ada yang beramal dengan amalan ahli neraka sehingga tidak ada antara dia dan neraka melainkan hanya tinggal sehasta. Maka telah mendahuluinya ketetapan takdir, lalu ia beramal dengan amalan ahli Surga sehingga ia memasukinya." (HR. Bukhari 6/303 -Fathul Bari dan Muslim 2643, shahih)

Sementara di masyarakat berkembang "ahli nujum" instant, menebak jenis kelamin dengan berbagai cara:

  • Dengan melihat bentuk perut ibunya, kalo bulet berarti cewek, kalo lonjong berarti cowok. Padahal tergantung sudut pandang, kalo dari samping ya lonjong, kalo dari depan ya bulet.
  • Dengan ayahnya membelah degan, kalo lurus berarti cowok, kalo miring berarti cewek. Lha kalo aku yang gak biasa mbelah degan, bisa gak karuan bentuknya.
  • Dengan melihat kebiasaan ibunya, kalo males dandan berarti cowok, kalo jadi rajin dandan berarti cewek. Lah gimana kalo sejak awal ibunya males dandan? Mosok anaknya cowok terus?

Dan berbagai macam cara lain. Yang paling ilmiah (dan alami) adalah dengan USG, melihat bentuknya secara langsung.

Tapi meskipun sudah terlihat, belum menjamin bahwa yang terlihat itu adalah yang benar. Dalam bulan Februari kemarin 3 temenku baru saja melahirkan:

  1. Trias, anak pertama, USG terakhir menyatakan anaknya adalah cowok, tapi saat lahir ternyata cewek.
  2. Arief, anak kedua, USG terakhir meyakinkan dia bahwa anaknya adalah cewek. Sudah mempersiapkan nama dan pakaian pinky. Ndilalah yang lahir adalah cowok. (moment tertangkap kamera)
  3. Amien, anak ketiga, USG terakhir meyakinkan anaknya adalah cewek, beberapa hari kemudian yang lahir adalah cowok.

Bukan berarti setiap USG adalah salah, namun informasi jenis kelamin janin sebaiknya dijadikan sebagai ancer-ancer saja, bukan dijadikan sebagai kepastian.

Lagian, kalau sudah yakin akan satu jenis kelamin tertentu, malah menghilangkan excite dan rasa penasaran, malah akan berhenti sampai di situ. Justru lebih asyik kalo penasarannya lebih diperpanjang lagi.

Tadi malam hasil USG sudah memberikan gambaran jenis kelaminnya, tapi demi menjaga rasa penasaran anda semua, makanya tidak aku tulis di sini.

Demikian.


Ada 35 komentar

Multimedia SMK Negeri 8 Semarang pada March 7, 2009 3:13 PM menulis:

Wah blognya keren,kasih ilmu donk buat adik-adiknya. Kunjung balik ya mas ! Thank U

Balas Komentar Ini
silent pada March 8, 2009 9:38 AM membalas Multimedia SMK Negeri 8 Semarang:

wanjrit, nyepam dimana2

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 9, 2009 8:16 AM membalas silent:

dia lagi nerapin ilmu para caleg: jalan-jalan dan tempel poster di mana-mana ;))

Balas Komentar Ini
ferdhie pada March 8, 2009 12:00 AM menulis:

so? cewe or cowo?

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 12:43 PM membalas ferdhie:

*cuekin*

Balas Komentar Ini
isdah ahmad pada March 8, 2009 1:18 PM menulis:

dadi? kodew opo nganal?

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 12:59 PM membalas isdah ahmad:

*cuekin juga*

Balas Komentar Ini
Sarimin pada March 9, 2009 4:34 AM menulis:

Walah...maleh melu penasaran...!! :)

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 9, 2009 8:44 AM membalas Sarimin:

meluan anggoro iki

Balas Komentar Ini
Reef pada March 10, 2009 7:04 PM menulis:

aku nombok i sing medal cewek ae..... hehehe

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 1:03 PM membalas Reef:

tukang togel in action :-"

Balas Komentar Ini
Gopril pada March 11, 2009 10:13 AM menulis:

Yang penting tidak Lawra ! Dan saya doakan kalau laki-laki harus copy paste Nabi Yusuf as, kalau perempuan minimal kaya Devi Setyavati nah klop kan ?! :D/

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 14, 2009 9:15 AM membalas Gopril:

*mau bilang aamiin tapi kok aku ndak kenal siapa itu Devi Setyavati* ;))

Balas Komentar Ini
Gopril pada March 14, 2009 12:04 PM menulis:

wuaduh wong Demak kok gak tau Devi Setyavati ???itu lho cewek cantik nan akhlaknya mulia yang sukses nolak cintanya Raden Harjuna lelananging jagad (seumur-umur tuh raden ndak pernah ditolak cintanya lho ??!!) :-@

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 14, 2009 2:13 PM menulis:

istrinya palgunadi a.k.a ekalaya?
setauku itu yang nolak arjuna, cuman gak tau namanya :D

Balas Komentar Ini
Gopril pada March 16, 2009 10:34 AM menulis:

Lho kalo gak setia sampe mati masa dikasih nama Setyvati ??? jangan2 tuh wayang versinya beda di jateng sama di jatim ? soale yang saya dapat Si Raden kecewa beraaaaat dah kalah sama orang yang ndak dikenal(sekolah bareng nggak tapi ilmunya sama bahkan melebihi) trus istrinya cantik buanget (setia lagi!) akhirnya tuh Raden pake jurus terakhir ngrayu gurunya agar menyingkirkan si saingan (sadis lho pake acara potong ibu jari dan nti jadi karma sebab matinya tuh guru Sableng) apa daya.. takdir tetap berpihak pada yang benar tuh Raden merana karena si cewek tetap memilih ikut yayangnya... :-??

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 17, 2009 9:07 AM membalas Gopril:

Nah, itu di kolom kanan atas ada link ke artikel 'Arjuna, Ekalaya dan Mahesa Jenar', mungkin yang dimaksudkan adalah cerita itu. Silakan baca ;;)

Balas Komentar Ini
Teddy AK pada March 16, 2009 10:40 AM menulis:

kayaknya itu Raden Haryono deh...

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 17, 2009 9:10 AM membalas Teddy AK:

Raden Haryono Kresnamurtie

*loh, anak kita ted*

Balas Komentar Ini
satria.permana pada March 19, 2009 11:55 PM menulis:

kancaku malah dokter malaysia sg salah.. di usg lanang, metune wadon.. :D

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 12:35 PM membalas satria.permana:

jadi yang penting bukan apa kata dokter, tapi apa kata Tuhan :D

Balas Komentar Ini
pika pada March 20, 2009 4:17 PM menulis:

hasil USG emang cewek, but somehow I feel that my baby is boy....ternyata bener :)
btw masih 5 bulan ya? masih bisa brubah tuh

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 12:41 PM membalas pika:

sampe mau 8 bulan nih dan masih tetep sama tebakan dari dokter yang berbeda ;;)

Balas Komentar Ini
zaM pada March 23, 2009 12:07 AM menulis:

alhamdulillah, semoga sehat, lancar

Balas Komentar Ini
wahyudi pada March 25, 2009 9:08 AM menulis:

Ta'doain Cowok, dadi sparing partner anakku :)

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada March 26, 2009 3:03 PM membalas wahyudi:

Ah, masio cewek yo sik wani kok Yud.

*download jurus-jurus aikido*

Balas Komentar Ini
aap pada April 1, 2009 2:13 PM menulis:

Ya hasil usg jangan dijadikan patokan tunggu keluar aja dulu...! salam kenal

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada April 1, 2009 6:22 PM membalas aap:

yep, setuju, salam kenal juga :D

Balas Komentar Ini
Prajurit Malowopati pada April 3, 2009 10:16 AM menulis:

"Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan." (Al Qur'an, 53:45-46)

Dalam tubuh manusia ada Kromosom Y membawa sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X berisi sifat-sifat kewanitaan. sel telur ibu hanya dijumpai kromosom X, yang menentukan sifat-sifat kewanitaan. Di dalam air mani ayah, terdapat sperma-sperma yang berisi kromosom X atau kromosom Y saja.

kromosom Y muncul apabila pada masa ovulasi bapak n ibu' ada masa tenggang 1 hari ato lebih dalam bekerja

kromosom X muncul apabila pada masa ovulasi bapak n ibu' tidak pernah berhenti lembur, bekerja siang/malam.

Jadi rekan-rekan dapat memperkirakan bila anak pertama dari mas Parjo nanti Cewek,
Sebab pada masa ovulasi .....

Makasih.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada April 3, 2009 10:24 AM membalas Prajurit Malowopati:

Weik, sejak kapan pak PNS ini meningkat jadi pengamat hasil pembuahan? Bukannya dulu sebatas pengamat proses pembuahan saja? ;))

Balas Komentar Ini
ruslan pada April 8, 2009 9:23 AM menulis:

ya...
karena kekuasaan Allah dan misteri itulah yang membuat manusia itu berkembang untuk menemukan jawabannya...

(^^)

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada April 17, 2009 11:37 AM membalas ruslan:

whehehe, aliran bijak ;))

Balas Komentar Ini
Nasi Goyeng pada May 23, 2012 11:46 AM menulis:

siapa saja bisa menentukan jenis kelamin, ada pentingnya anda tahu tentang Kromosom XX dan Kromosom XY, juga pengetahuan tetang Bayi Tabung.

Sebelum Embryo di taruh di dalam rahim calon ibu sudah bisa di tentukan jenis kelaminnya, karena sperma bisa di teliti kromosomnya sebelum menbuahi sel telur dari calon Ibu. Contohnya Jika Sperma yang mengandung Kromosom Y membuahi Sel telur si calon ibu yang berkromosom X maka akan menjadi Laki-Laki, dst-nya. Jadi sebelum EMBRYO di taruh di dalam Rahim Calon Ibu maka Kelamin sudah dapat di tebak/ditentukan oleh si dokter kandungan, nggak perlu USG 4 dimensi segala.

Maklum di Zaman Quran di turunkan, Teknologi bayi tabung belum di temukan.

Inilah satu bukti bahwa Allah Ta’ala tidaklah Maha Tahu kalau setelah 1400 tahun setelah Quran di Turunkan siapa saja bisa tahu jenis kelamin Embryo/Janin dengan atau tanpa USG 4 Dimensi.

Lagian semua buku tafsir tentang ayat tersebut lebih mengupas ttg jenis kelamin Janin. Silahkan cari sendiri buku tafsir

Jadi jika satu saja ayat Quran tidak Valid sampai akhir zaman nanti, apakah anda berani murtad ????

Syukron

Balas Komentar Ini
Allah SWT pada May 30, 2012 11:09 AM menulis:

Ane sudah turunkan Quran Surah Luqman:34 kepada Nabi Ane, jadi “HANYA ANE saja yang mengetahui segala sesuatu yang ada dalam Rahim” termasuk jenis kelamin janin.

“Sesungguhnya Allah, HANYA pada sisi-Nya pengetahuan tentang hari kiamat; Dia pulalah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui segala sesuatu yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa-apa yang akan dia usahakan besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui bumi tempat dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” [Luqman: 34]

ANE tidak tahu kalau sekarang Manusia juga bisa tahu jenis kelamin janin yang ada dalam rahim..hehehehe….Kalau dulu yang bisa tahu HANYA ANE saja.

Balas Komentar Ini

Isi Komentar




  Isi Smiley


Pencarian

Komentar Terbaru

May 2012

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi