« Pindah Server | Depan | The Best Will Be Winner »

Tanggal Lahir dan Hari Lahir

Bagi sebagian besar orang, tanggal lahir (birthdate) dan hari lahir (birthday) merujuk pada waktu yang sama, yaitu saat dimana orang itu dilahirkan untuk pertama kali (?)

Namun khusus untukku, hal tersebut adalah berbeda.

Menurut ibuku, aku lahir hari Jum'at Kliwon malam Sabtu Legi, jam 11-an malam, yang bagi penanggalan masyarakat Jawa, sudah dihitung hari Sabtu.
Ibuku merasa yakin, karena waktu siangnya kakekku sempat menjenguk setelah dari Sholat Jum'at.

Sedangkan menurut bapakku, aku dilahirkan tanggal 17 Mei 1979. Padahal tanggal tersebut menunjukkan hari Kamis Pahing.
Bapakku merasa sangat yakin dengan catatannya, dan tidak dapat dibantah lagi, meski saat ketika aku lahir, beliau sedang berada di pulau lain, dan saat itu belum ada komunikasi 'realtime', seperti telpon, sms, pager, etc.

Hal tersebut (perbedaan hari) baru terungkap ketika aku sudah SMU, waktu keranjingan main ramalan watak dan jodoh menggunakan komputer.
Seandainya aku geser tanggal lahirku ke tanggal yang berbeda, maka hari Sabtu Legi adalah tanggal 26 Mei 1979.

Tanggal dan Hari yang tidak singkron tersebut tetap berjalan sampai sekarang, karena sudah terlanjur tercatat di semua berkas penting, seperti di semua Ijazah, di Akta Lahir, KTP, etc.

Jadi meski hari ini, tanggal 17 Mei 2006 adalah tanggal lahirku, namun bukan hari lahirku. Kebanyakan teman sudah mengetahui hal ini, jadi tidak ada yang mengucapkan selamat ulang tahun di hari ini. Kecuali para mesin, seperti forum diskusi CHIP, dan beberapa teman iseng, seperti rita rita.
Mereka bakal nunggu tanggal 26 Mei, sebagai hari ultahku.

Kalo dari keluarga tidak ada budaya ultah seperti itu, sehingga tidak pengaruh. Karena masih mengikuti tradisi Jawa, ibuku masih memperingati wetonku, yaitu selamatan di setiap Sabtu Legi untukku. Makacih mami.

Dari tanggal 26 Mei inilah, muncul berbagai hal, misalnya Elang526 (Elang=simbol favorit, 5=mei, 26=tanggal).
Dan kebetulan sekali, waktu kuliah NRP-ku adalah 97.111.526, hihihi.

Anyway, tanggal 26 itu adalah rekaanku sendiri.
Dan karena aku lebih yakin dengan argumen ibuku, jadi aku pastikan tanggal lahirku bukan 17 Mei 1979. Lalu, berapa dong?
Ada yang bisa ngasih saran, please?


Ada 28 komentar

My Luna pada May 17, 2006 5:14 PM menulis:

anyway...ini sekarang tanggal 17 kan...HAPPY BIRTHDAY bro...sukses selalu, panjang umur dan banyak rezeki...
dan percayalah apa yang kamu yakini...^_^ entar tanggal 26 baru makan2nya...gimana?....

*asli aku masih bingun dengan perhitungan gitu*

Balas Komentar Ini
JOKERz pada May 17, 2006 5:29 PM menulis:

Mo ngumumin kalo lagi ultah ya???
Koq pake acara nulis artikel panjang lebar.. ;))

Yang penting mah pestanya, mo ultah seminggu sekali juga gpp koq.

Balas Komentar Ini
Aryo Sanjaya pada May 17, 2006 5:46 PM menulis:

#My Luna:
Mari kita ke KFC,
pesen sendiri-sendiri,
ambil sendiri-sendiri,
bayar sendiri-sendiri...


#JOKERz:
Iya, aku ultah, tapi ga tau kapan???!!!

Balas Komentar Ini
didats pada May 17, 2006 5:50 PM menulis:

MAKAN-MAKAN....!!!

Balas Komentar Ini
My Luna pada May 17, 2006 6:25 PM menulis:

kudu ditraktir loh biar apdoll...HARUS!!...eh, kalo tanggal 17 artinya masih dalam konstelasi taurus...nah kalo tanggal 26 nanti itu artinya gemini...keknya dikau lebih cocok di 26 deh...gemini banget...hahahaha...^_^

*masih binun*

Balas Komentar Ini
rita pada May 18, 2006 11:37 AM menulis:

tanggal lahir aja ga jelas, apalagi orangnya

Balas Komentar Ini
jaylangkung pada May 18, 2006 12:26 PM menulis:

asekk..
setelah kmaren malam d traktir makan2 d caksan ama om parjo.. eh sekarang mo di traktir lagi :D

asekkk
makan makan1000x

Balas Komentar Ini
isdah pada May 18, 2006 9:31 PM menulis:

eh met ultah yo... telat tapi masih angetkan... hihihihi...

traktiran! ♥

Balas Komentar Ini
v n u z pada May 18, 2006 11:44 PM menulis:

Dimana-mana hari lahir itu harus sama oii

masa dilahirkan dua kali!!

*tendang Gemini Palsu*

Balas Komentar Ini
Anak Bungsu pada May 20, 2006 11:41 AM menulis:

Anehhhh...sungguh aneh...
Tanggal lahir kok bsa beda2 gitu, bilang aja bintangnya pengen gemini. iyakan ????
padahal sebenernya Taurus...
hahahahahhaa
Met Ulang Tahun yaaa.....
Traktirannya Wajib ta tunggu dsini ok. ;) @};- 8->

Balas Komentar Ini
Joely_imoet pada May 29, 2006 3:39 PM menulis:

Ah...no matter the date and the day is..pokokke traktiran tetep ada. Happy B'Day...moga..Umm..moga apa ya? Moga jadi bikin acara traktiran deh, hewhewhew..

Balas Komentar Ini
cb pada March 24, 2008 1:58 PM menulis:

kang, sy mau tanya apakah jumlah neptu itu ada artinya? apa juga arti hari pasaran seperti wage, kliwon itu?

Aryo:
arti dalam artian apa nih? kalo jadi patokan sih iya, tapi kalo arti, biasanya diinterpretasikan berbeda oleh kalangan yang berbeda :)

Balas Komentar Ini
monniec pada April 23, 2008 2:02 PM menulis:

aku mo tanya nich,boleh kan!aku py suami beliau asli sumatera jd ga ada adat ato masalh weton layaknya orang jawa.klo aku pengen tau hari apa sih sebenarnya suamiku dulu dilahirkan.klo pengen tau hal itu aku harus buka situs apa?

Aryo:
silakan lihat di kolom paling kanan dan paling atas blog ini, tinggal masukin tanggal lahirnya di situ, ok.


Balas Komentar Ini
tulkiyem pada August 3, 2008 8:40 PM menulis:

kang, apa benar kalo pasangan yang neptunya dijumlahkan ketemu 25 bakal ketemu masalah terus?gimana cara mengatasi masalah2 tersebut?trims

Balas Komentar Ini
meiling pada August 27, 2008 8:37 PM menulis:

oi....!! yang pasti-pasti donk tanggal lahirnya, masa'k bisa 2 kali lahir sich,, yang jelas yang lahir tanggal 26 mei tu gw kale..........sorry promosi dikits,,,,

Balas Komentar Ini
kukuh pada May 8, 2009 3:56 AM menulis:

wah dah lama aku cari baru ketemu juga O:)
masih tetep bisa jadi guru privat yooo... hehe

Balas Komentar Ini
agusdwijayanto pada August 20, 2009 11:21 AM menulis:

kalo ingin mencari tanggal lahir gimana? :(

Balas Komentar Ini
doy pada November 11, 2009 10:11 AM menulis:

kalau pndpt saya, tgl lahir anda bukan 17 ataupun 26 Mei 1979, tp 25 Mei 1979.. karena masih jam 11PM atau jam 23. soal weton yg mengandung arti hari+pasaran itu hanya untuk keperluan yang bersifat adat, memang ya Sabtu Manis. Nah sekarang kan Tgl 11 Nov 2009 harinya Rebo Pon, 3 hari lage bikin bubur abang bubur putih jangan lupa yah..

Balas Komentar Ini
rian pada November 26, 2009 2:00 PM menulis:

tolong dong ramal tangal lahir gue nich tanggalnya 12 feb 1989

Balas Komentar Ini
P.GEGE pada December 21, 2009 3:24 PM menulis:

RIAN lahir hari Minggu Legi tanggal 12 Februari 1989.
UMUR : 20 tahun atau 7617 hari. BINTANG : AQUARIUS
SHIO : ULAR (Ular kebathinan. Suka memperhatikan intuisi unsur-unsur spiritual.
)
WATAK :
Banyak melakukan hal-hal semu, banyak keinginan hal-hal yang indah, Baik
hatinya, pengasih dan penyayang sesama.
Bersikap adil, berhati baik, bersedia berkorban bila diperlukan. Pikiran
cerdas, mudah menangkap suatu pengertian. Peramah, jujur, pelamun, banyak
orang-orang meminta nasehat padanya. Tidak serakah dan hemat.
CACAD/KEJELEKAN :
Banyak bicara yang muluk-muluk. Dalam pekerjaan suka menumpuk-numpuk tugas.
Dalam mencapai cita-citanya dilakukan dengan berbagai cara yang Kadang-kadang
melewati batas. Mudah tersinggung.
KESEHATAN :
Mudah terserang penyakit tulang dan saraf, darah kurang lancar, sakit kepala,
pusing, jantung, beri-beri. Hendaklah sering beristirahat setelah berfikir
yang Berat-berat.
PEKERJAAN : Tabib, dokter, wartawan, seniman musik.
JODOH : Orang berbintang Gemini, Libra, Sagitarius.
Dan yang lahir pada hari : Selasa legi, Senin wage, Sabtu pon, Kamis kliwon.
HARI BAIK : Sabtu. WARNA YANG COCOK : Ungu (violet), Hijau muda.
RAMALAN NAMA RANA menurut PAL NABI : N. Isa a.s. (pal 6)
Mendapat keuntungan bila bersikap suka mencintai orang lain. Kalau sakit dan
lama sembuh bertaubatlah supaya

Balas Komentar Ini
qianu09 pada January 9, 2010 7:18 PM menulis:

tolong dong kasih info buat davina azzaria minggu 30 maret 2008 jam 19.50 & ardaniel bagus qianu 27 september 2009 minggu jam 18.30

Balas Komentar Ini
lucinin pada June 12, 2010 2:26 PM menulis:

llahir 9 july

Balas Komentar Ini
septy pada July 23, 2010 8:40 AM menulis:

saya mau tanay klw lahir pd tgl 8 september 1976 itu hari apa ya...??? makasieee

Balas Komentar Ini
emi pada February 1, 2011 7:02 PM menulis:

saya diperkirakan lahir kamis paing kira2 tahun 1963/1964?? bisa bantu saya menemukan tanggal lahir saya yang pasti???
trimmsss

Balas Komentar Ini
annie pada July 11, 2011 8:59 PM menulis:

suami saya lahir tanggal 5 bulan novamber 1969 kira2 hari apa hitauangan jawa tolong di jawab..?

Balas Komentar Ini
annie pada July 11, 2011 9:00 PM menulis:

suami saya lahir tanggal 5 bulan novamber 1969 kira2 hari apa hitauangan jawa tolong di jawab..?

Balas Komentar Ini
arya pada February 15, 2012 5:37 PM menulis:

klo 04 05 1982 wetonnya apa?dan hari apa?makasih

Balas Komentar Ini
dwi nugroho irianto pada August 12, 2013 12:21 PM menulis:

asalamualaikum.......
met siang pak.
saya lahir sabtu kliwon 05 mei 1979 jam 18.30
itu masuknya wetonya untuk hari jg hari pasaranya dalam arti masuk tgl 06 mei 1979 minggu legi atau gmn,mohon di benar kan ,makasih sblm nya.

Balas Komentar Ini

Isi Komentar




  Isi Smiley


Pencarian

Komentar Terbaru

August 2013

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Kategori

Arsip

Aryo Sanjaya

Tinggalkan Pesan

Kisah Mahesa Jenar

Kisah dari Tanah Jawa, tentang perjalanan diri Mahesa Jenar.
Download:
Naga Sasra & Sabuk Inten
atau di sini:
download dari SaveFile.com
Theme by: Magic Paper
Didukung oleh
Movable Type 5.01


Aryo Sanjaya

Sindikasi